10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Ilustrasi sarapan
Sumber :
  • Pixabay/Jill Wellington

VIVA – Cara menurunkan berat badan bisa dilakukan tanpa harus diet. Cara ini tentu tidak bikin kamu harus mengurangi makan kamu secara drastis. Ada banyak diet yang berhasil menurunkan berat badan dengan cepat dan itu akan membuat kamu merasa lapar dan kekurangan. 

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Tapi apa gunanya menurunkan berat badan hanya untuk mendapatkannya kembali? Untuk menjaga berat badan turun secara permanen, yang terbaik adalah menurunkan berat badan secara perlahan. Dan banyak ahli mengatakan kamu dapat melakukannya tanpa melakukan "diet". Sebaliknya, kuncinya adalah membuat perubahan sederhana pada gaya hidup.

Satu pon lemak sama dengan 3.500 kalori. Dengan mengurangi 500 kalori sehari melalui modifikasi diet dan olahraga, kamu bisa kehilangan sekitar satu pon seminggu. Jika kamu hanya perlu mempertahankan berat badan saat ini, mengurangi 100 kalori sehari sudah cukup untuk menghindari penambahan 1-2 pon yang kebanyakan orang dewasa dapatkan setiap tahun. Bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa? Melansir dari webMD, berikut beberapa cara menurunkan berat badan tanpa melakukan diet.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

1. Makan Sarapan Setiap Hari

Ilustrasi sarapan sehat

Photo :
  • Pixabay/ Einladung_zum_Essen
Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Cara menurunkan berat badan yang pertama yaitu jangan melewatkan sarapan pagi. Salah satu kebiasaan yang umum dilakukan oleh banyak orang yang berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankannya adalah sarapan setiap hari. Banyak orang berpikir melewatkan sarapan adalah cara yang bagus untuk mengurangi kalori, tetapi mereka biasanya makan lebih banyak sepanjang hari.

Namun studi menunjukkan kepada orang-orang yang makan sarapan memiliki BMI (Body Mass Index) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih rendah daripada yang melewatkan sarapan dan berkinerja lebih baik, baik di sekolah atau di ruang rapat. Kamu bisa mencoba untuk sarapan semangkuk sereal gandum dengan buah dan susu rendah lemak untuk awal yang cepat dan bergizi untuk hari kamu.

2. Tutup Dapur di Malam Hari

Ilustrasi Dapur

Photo :
  • Gea Getra

Tetapkan waktu kapan kamu akan berhenti makan sehingga kamu tidak akan menyerah pada kudapan larut malam atau ngemil sembarangan saat menonton televisi. Meminum secangkir teh, mengisap sepotong permen keras, menikmati semangkuk kecil es krim ringan atau yogurt beku bisa menjadi solusi untuk camilam setelah makan malam.

3. Pilih Kalori Cair dengan Bijak

Jus buah

Photo :
  • U-Report

Cara menurunkan berat badan selanjutnya yaitu memilih kalori cairan yang tepat. Minuman manis menumpuk kalori, tetapi tidak mengurangi rasa lapar seperti makanan padat. Puaskan dahaga kamu dengan air, air soda dengan jeruk, susu skim atau rendah lemak, atau jus buah 100% dalam porsi kecil. 

Cobalah segelas jus sayuran bergizi dan rendah kalori untuk menahan lapar pada waktu makan. Hati-hati dengan kalori alkohol, yang bertambah dengan cepat. Jika kamu cenderung minum satu atau dua gelas anggur atau koktail hampir setiap hari, membatasi alkohol hingga akhir pekan bisa menjadi penghemat kalori yang sangat besar.

4. Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayur-sayuran.

Photo :
  • Freepik/freepik

Barbara Rolls, PhD, penulis The Volumetrics Eating Plan menyarankan untuk makan banyak buah dan sayuran berkalori rendah dan bervolume tinggi menyingkirkan makanan lain yang lebih tinggi lemak dan kalori. Pindahkan daging dari tengah piring kamu dan tumpuk di atas sayuran. 

Atau kamu bisa memulai makan siang atau makan malam dengan salad sayuran atau semangkuk sup berbasis kaldu. Lengkapi isian makanan dengan buah dan sayur di setiap menu makanan dan camilan, serta menambahkan beberapa porsi di dalamnya. 
Dengan demikian diet kamu akan diperkaya dengan vitamin, mineral, fitonutrien, serat, dan jika kamu mengonsumsi makanan yang sangat bergizi.

5. Konsumsi Gandum

Roti gandum

Photo :
  • Pixabay/FotoshopTofs

Cara menurunkan berat badan lainnya yaitu dengan mengonsumsi gandum. Dengan mengganti biji-bijian utuh untuk biji-bijian olahan seperti roti putih, kue, kue kering, dan pretzel, kamu menambahkan serat yang sangat dibutuhkan dan akan terisi lebih cepat sehingga kamu cenderung makan dalam porsi yang wajar. Pilih roti gandum dan pasta, beras merah, serpih dedak, popcorn, dan biskuit gandum utuh.

6. Kendalikan Lingkungan

Restaurant Clay Craft Buffe di Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa

Restaurant Clay Craft Buffe di Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa

Photo :
  • Courtesy Renaissance Bali Uluwatu Resort and Spa

Strategi sederhana lainnya untuk membantu mengurangi kalori adalah dengan mengontrol lingkungan kamu, dengan memulai dari menyediakan menu makanan dengan banyak pilihan sehat hingga memilih restoran yang tepat. Itu berarti menghindari godaan dengan menjauhi restoran makan sepuasnya.

Dan ketika datang ke pesta, makanlah makanan ringan yang sehat sebelumnya sehingga kamu tidak akan kelaparan, dan selektif ketika kamu ingin mengisi piring kamu di prasmanan. Sebelum kembali untuk makan lebih banyak, tunggu setidaknya 15 menit dan minum segelas besar air putih.

7. Pangkas Porsi Makanan Kamu

Ilustrasi makanan sehat.

Photo :
  • Istimewa

Cara menurunkan berat badan yang satu ini sangat simpel. Jika kamu tidak melakukan apa pun selain mengurangi porsi kamu sebesar 10% -20%, kamu akan kehilangan berat badan. Sebagian besar porsi yang disajikan baik di restoran maupun di rumah lebih besar dari yang kamu butuhkan. 

8. Tambahkan Lebih Banyak Langkah

Olahraga

Photo :
  • Times of India

Dapatkan pedometer dan secara bertahap tambahkan lebih banyak langkah hingga kamu mencapai 10.000 per hari. Sepanjang hari, lakukan apa pun yang kamu bisa untuk menjadi lebih aktif. Kamu bisa melakukan olahraga kecil seperti berjalan sambil berbicara di telepon, ajak anjing jalan-jalan, dan berbaris di tempat selama iklan televisi. Memiliki pedometer berfungsi sebagai motivator dan pengingat yang konstan.

9. Konsumsi Protein di Setiap Makan dan Snack

Yogurt

Photo :
  • Istimewa

Cara menurunkan berat badan selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi protein. Menambahkan sumber protein tanpa lemak atau rendah lemak pada setiap makanan dan kudapan akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu tidak akan makan berlebihan. 

Cobalah mengonsumsi yogurt rendah lemak, sebagian kecil kacang-kacangan, selai kacang, telur, kacang-kacangan, atau daging tanpa lemak. Para ahli juga merekomendasikan makan dalam porsi kecil, sering, dan camilan (setiap 3-4 jam), untuk menjaga kadar gula darah kamu tetap stabil dan untuk menghindari makan berlebihan.

10. Beralih ke Alternatif yang Lebih Ringan

Salad

Photo :
  • VIVA/Isra Berlian

Cara menurunkan berat badan yang terakhir yaitu dengan beralih ke alternatif yang lebih ringan. Kapan pun kamu bisa, gunakan saus salad versi rendah lemak, mayones, produk susu, dan produk lainnya. Kamu dapat memangkas kalori dengan mudah jika kamu menggunakan produk rendah lemak dan ringan, dan jika produk tersebut dicampur dengan bahan lain, tidak ada yang akan menyadarinya.

Pergantian yang lebih cerdas yaitu dengan menggunakan salsa atau hummus sebagai saus, olesi sandwich dengan mustard alih-alih mayo, makan ubi jalar panggang daripada kentang putih yang diisi, gunakan susu skim sebagai pengganti krim dalam kopi kamu, pegang keju di atas sandwich, dan gunakan sedikit vinaigrette pada salad kamu daripada menumpuk saus krim.

Demikianlah ulasan beberapa cara menurunkan berat badan tanpa harus melakukan diet. Imbangi dengan olahraga secara teratur dan konsumsi makanan yang sehat.

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat, buah lezat yang seringkali dijuluki sebagai mentega alami, bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat di dalam hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024