Picu Kematian Anak, Ini Pencegahan Hepatitis Misterius

Ilustrasi penderita Hepatitis.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Kasus Hepatitis akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia kini menimbulkan kekhawatiran di Indonesia. Kementerian Kesehatan RI juga telah meningkatkan kewaspadaan pada penyakit hepatitis misterius yang tak diketahui penyebabnya itu usai dinyatakan ssbagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Second Account Diduga Milik Tamara Tyasmara Dibongkar Keluarga Yudha Arfandi

Kewaspadaan tersebut meningkat setelah tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dengan dugaan Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya meninggal dunia, dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

Ketiga pasien ini merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Gejala yang ditemukan pada pasien-pasien ini adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran.

Polisi Bakal Ekshumasi Anak Semata Wayang Tamara Tyasmara Hari Ini

"Jika anak-anak memiliki gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, penurunan kesadaran agar segera memeriksakan anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat," tutur Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid.

Saat ini, Kementerian Kesehatan RI sedang berupaya untuk melakukan investigasi penyebab kejadian hepatitis akut ini melalui pemeriksaan panel virus secara lengkap. Dinas kesehatan Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan penyelidikan epidemiologi lebih lanjut. Berikut cara pencegahan paling dini.

Kenapa Pneumonia Jadi Penyebab Utama Kematian pada Bayi dan Anak?

“Selama masa investigasi, kami menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang. Lakukan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit serta tetap melaksanakan protokol kesehatan,” kata Nadia.

penderita hepatitis

Photo :
  • U-Report

Hepatitis mengacu pada peradangan hati. Peradangan adalah reaksi jaringan terhadap iritasi atau luka yang umumnya mengakibatkan pembengkakan dan dapat menimbulkan rasa sakit.

Ada banyak penyebab hepatitis. Hepatitis virus disebabkan oleh virus dan dapat bersifat akut (berlangsung kurang dari enam bulan) atau kronis (berlangsung lebih dari enam bulan).

Virus hepatitis dapat menyebar dari orang ke orang. Beberapa jenis virus hepatitis dapat menyebar melalui kontak seksual. Berikut penjelasannya dikutip dari laman Claveland Clinic:

Penjelasan Hepatitis

Beberapa virus diketahui menyebabkan hepatitis. Bentuk umum dari hepatitis virus meliputi:

Hepatitis A: Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, ada sekitar 2.007 kasus infeksi hepatitis A akut di AS pada tahun 2016. Bentuk hepatitis ini tidak menyebabkan infeksi kronis dan biasanya tidak memiliki komplikasi.

Hati biasanya sembuh dari hepatitis A dalam beberapa bulan. Namun, terkadang kematian akibat hepatitis A terjadi karena gagal hati, dan beberapa orang memerlukan transplantasi hati untuk infeksi hepatitis A akut. Hepatitis A dapat dicegah dengan vaksinasi.

Hepatitis B: Sekitar 22.000 kasus baru hepatitis B terjadi pada tahun 2017, dan sekitar 900.000 orang hidup dengan penyakit ini di AS. Sekitar 95% orang dewasa sembuh dari hepatitis B dan tidak terinfeksi secara kronis. Namun, beberapa kasus menyebabkan infeksi kronis seumur hidup.

Semakin dini hepatitis B tertular, semakin besar kemungkinannya menjadi kronis. Orang dapat membawa virus tanpa merasa sakit tetapi tetap dapat menyebarkan virus. Hepatitis B dapat dicegah dengan mendapatkan vaksin.

Hepatitis C: Hepatitis C adalah salah satu penyebab paling umum penyakit hati di AS, dan pernah menjadi alasan nomor satu untuk transplantasi hati. Sekitar 75% sampai 85% pasien dengan hepatitis C mengalami infeksi hati kronis.

Sekitar 2,4 juta orang di AS diperkirakan memiliki infeksi hepatitis C kronis. Seringkali tidak menunjukkan gejala apapun. Belum ada vaksin yang tersedia untuk mencegah hepatitis C.

Hepatitis D: Hepatitis D hanya terjadi pada orang yang terinfeksi virus hepatitis B. Jika Anda divaksinasi hepatitis B, Anda akan terlindungi dari virus hepatitis D.

Hepatitis E: Jenis hepatitis ini menyebar dengan menelan makanan atau air yang terkontaminasi. Hepatitis E umum terjadi di seluruh dunia. Meskipun vaksin ada, namun tidak tersedia di mana-mana.

Penyebaran Virus Hepatitis
Hepatitis A dapat menyebar melalui makanan atau air minum yang membawa virus melalui potongan kotoran dari orang yang terinfeksi. (Ini disebut rute fekal-oral.) Anda juga bisa tertular hepatitis A dari kontak seksual.

Seseorang bisa mendapatkan hepatitis B dalam banyak cara, termasuk berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi. Berbagi jarum kotor. Bersentuhan langsung dengan darah yang terinfeksi.

Mendapat luka tusukan jarum. Dipindahkan dari ibu ke anak yang belum lahir. Bersentuhan dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi.

Seorang ibu yang terinfeksi memiliki kemungkinan tinggi memberikan hepatitis B kepada anaknya selama atau setelah kelahiran. Semua wanita hamil harus menjalani tes hepatitis B.

Dalam waktu 12 jam setelah lahir, bayi yang lahir dari ibu dengan hepatitis B perlu menerima pengobatan dengan antibodi hepatitis B dan vaksin hepatitis B. Hal ini dapat mencegah penularan hepatitis B dari ibu ke bayinya.

Seseorang bisa mendapatkan hepatitis C dari berbagi jarum suntik yang kotor. Bersentuhan langsung dengan darah yang terinfeksi. Mendapat luka tertusuk jarum suntik. Berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi (kurang umum).

Anda bisa mendapatkan hepatitis D dari ditularkan dari ibu ke anak saat melahirkan. Memiliki kontak dengan cairan tubuh atau darah yang terinfeksi. Anda hanya bisa terkena hepatitis D jika Anda menderita hepatitis B.

Anda bisa mendapatkan hepatitis E dengan makan atau minum makanan atau air yang terkontaminasi virus (jalur fekal-oral). Anda juga dapat terinfeksi dari makanan yang kurang matang seperti daging babi, daging rusa, atau kerang.

Hepatitis E jarang terjadi di AS tetapi dapat terjadi setelah bepergian ke negara di mana infeksi ini umum terjadi. Hepatitis E bisa sangat berbahaya dan bahkan fatal pada wanita hamil.

Pencegahan Hepatitis

- Dapatkan vaksin untuk hepatitis A dan hepatitis B.
- Gunakan kondom saat berhubungan seks.
- Jangan berbagi jarum untuk minum obat.
- Mempraktikkan kebersihan pribadi yang baik seperti mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan air.
- Jangan gunakan barang-barang pribadi orang yang terinfeksi.
- Lakukan tindakan pencegahan saat membuat tato atau tindik badan.
- Berhati-hatilah saat bepergian ke daerah-daerah di dunia dengan sanitasi yang buruk. (Pastikan untuk mendapatkan vaksin Anda.)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya