3 Buah dan Sayuran Terbaik, Turunkan Gula Darah dengan Cepat

Gula darah
Sumber :
  • Indian Express

VIVA – Diabetes terjadi ketika pankreas berjuang keras memproduksi hormon yang disebut insulin. Orang yang mengalami kondisi ini, insulinnya tidak efektif, tidak cukup atau bahkan tubuh tidak dapat memproduksinya sama sekali. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Buah-buahan dan sayuran selalu menjadi makanan sehat yang dapat membantu mengatasi banyak masalah kesehatan, termasuk menurunkan gula darah. Terutama, salah satu dari ketiganya sangat disarankan untuk dikonsumsi karena kemampuannya yang dapat menurunkan gula darah dengan cepat.

Lalu, buah dan sayuran apa saja yang dimaksud? Berikut ulasannya dilansir dari laman Express, Jumat 6 Mei 2022. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Buah sitrus
Buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lain-lain, telah terbukti memiliki efek menurunkan gula darah. Penelitian telah menunjukkan, buah sitrus memiliki efek anti diabetes. Mengonsumsi buah sitrus adalah cara yang bagus untuk mendapatkan vitamin dan mineral tanpa karbohidrat di dalamnya. 

Ilustrasi buah jeruk

Photo :
  • Pixabay/stevepb
5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Buah beri
Buah beri kaya akan senyawa yang disebut anthocyanin, yang diklaim dapat mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin. 

Blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry, sangat ideal untuk dijadikan sebagai menu sarapan atau makanan penutup. Sejumlah penelitian bahkan telah menunjukkan hubungan antara buah beri dengan diabetes tipe 2. 

Satu studi yang diteribitkan dalam Journal of Nutrition, menunjukkan manfaat buah beri berkat sekelompok senyawa yang disebut anthocyanin. Studi menunjukkan, konsumsi 160 mg anthocyanin 2 kali sehari, menyebabkan 8,5 persen penurunan kadar glukosa plasma puasa, 13 persen lebih sedikit resistensi insulin, dan peningkatan 23,4 persen adiponektin, yaitu hormon yang meningkatkan sensitivitas insulin. 

Buah beri juga menjadi sumber vitamin C dan serat yang baik serta tidak mengandung banyak karbohidrat, yang berdampak besar pada kontrol gula darah.

Ilustrasi Brokoli.

Photo :
  • Pixabay

Brokoli
Berbagai penelitian juga telah menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak brokoli dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Brokoli adalah sumber nutrisi yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti kalsium, zat besi, seng, vitamin B12 dan D, serta banyak lagi. 

Sayuran ini dikemas dengan senyawa sulforaphane, yaitu salah satu komponen utama yang memiliki kemampuan menurunkan gula darah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya