Melawan obesitas? Pakar Bagikan 5 Perubahan Gaya Hidup

lingkar pinggang, obesitas, kegemukan
Sumber :
  • Pixabay/ Bru-No

VIVA – Obesitas merupakan suatu kondisi tubuh dimana kelebihan jumlah lemak menumpuk. Selain menjadi kondisi yang merusak kecantikan penampilan seseorang, hal ini juga mengarah lebih jauh ke risiko kesehatan lain yang melibatkan penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan dalam kasus tertentu, beberapa jenis kanker.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Di negara berkembang seperti kita, obesitas dan kelebihan berat badan adalah kekhawatiran yang berkembang yang terlihat meningkat secara eksponensial selama bertahun-tahun. Namun, obesitas sifatnya reversibel.

Ilustrasi obesitas.

Photo :
  • U-Report
7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

Memiliki tubuh obesitas tentu membuat penampilan jadi kurang menarik. Tidak hanya itu, kita kerap dibuat kehilangan percaya diri dengan lemak yang menimbun banyak pada tubuh. Tak hanya wanita yang dibuat geger ketika mendapati berat tubuh penuh lemak alias obesitas, para pria pun dibuat khawatir memiliki tubuh tersebut.

Tidak heran beragam cara dilakukan untuk melawan obesitas pada tubuh mereka. Kendati demikian, hanya sebagian orang yang berhasil melakukannya. Setiap orang tentunya memiliki caranya masing-masing untuk mencari solusi tubuh yang obesitas dan penuh lemak tersebut.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

Obesitas - Ilustrasi foto oleh mohamed_hassan on pixabay.com

Photo :
  • vstory

Dalam wawancara dengan HT Lifestyle, Sudarshan S, Konsultan Dokter Keluarga, Medall Healthcare mengatakan, “Obesitas dapat dicegah dan dibalikkan, jika Anda mengikuti gaya hidup yang tepat dan mengonsumsi makanan yang sehat. Tentu saja, ada perawatan medis dan bedah terbaru yang tersedia untuk mengobati obesitas, tetapi jika kita melakukan sedikit untuk diri kita sendiri dengan mengubah gaya hidup .pilihan yang kita buat, kita bisa mengatasi obesitas secara alami.”

Sudarshan S lebih lanjut mencatat lima perubahan gaya hidup yang harus dimasukkan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk membalikkan obesitas dan menjalani hidup sehat. Nah berikut ini terdapat perubahan gaya hidup yang perlu Anda terapkan agar bisa melawan obesitas pada tubuh. Apa saja itu?

Mengutip dari hindustantimes.com berikut ini hal-hal yang perlu Anda lakukan agar obesitas di tubuh hilang dan tubuh menjadi seperti yang diinginkan.

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Makanan sehat, oatmeal

Photo :
  • Freepik/Racool_studio

Sudarshan mencatat bahwa makanan yang mengandung karbohidrat olahan, gula dan makanan yang digoreng harus dihindari secara sadar. Ia juga menyarankan untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran berdaun hijau agar dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Selain membuat tubuh jadi sehat dan fresh, mengonsumsi makanan sejenis ini juga nyatanya dapat membuat menyingkirkan obesitas pada tubuh. Kini kita juga tidak perlu mahal-mahal untuk mengeluarkan biasa untuk melakukan sedot lemak agar tubuh yang obesitas bisa disingkirkan.

2. Latihan 

Ilustrasi gerakan senam.

Photo :
  • U-Report

Cara yang kedua yang bisa dilakukan untuk melawan obesitas yaitu dengana berlatihan. Coba sehari luarkan waktu Anda minimal 45 menit dalam sehari harus didedikasikan untuk berolahraga. “Olahraga mengencangkan otot Anda dan memiliki efek positif dalam mengurangi lemak perut. Kombinasi latihan kardio dan latihan beban adalah cara yang baik untuk mengurangi berat badan, ”tambah Sudarshan.

3. Hindari merokok, konsumsi alkohol 

Tips berhenti merokok.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Merokok dan konsumsi alkohol, keduanya membawa efek buruk yang parah bagi tubuh. Alkohol secara langsung mempengaruhi hati, sementara merokok menambah komplikasi yang sudah ada terkait dengan obesitas seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.

4. 7-8 jam tidur 

Tidur

Photo :
  • Pinkvilla

Untuk mencapai keseimbangan metabolisme dan berfungsi dengan baik setiap hari, tubuh kita membutuhkan jumlah tidur dan istirahat yang cukup untuk mengisi energi diri kita sendiri. m

5. Hindari stres 

Ilustrasi stres

Photo :
  • Times of India

Stres menyebabkan pesta makan. Sudarshan menyarankan bahwa cara alternatif untuk mengatasi stres harus dieksplorasi – meditasi dan yoga juga dapat dipraktikkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya