Kolesterol Tinggi Bisa Sebabkan Serangan Jantung?

Serangan jantung
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal. Kolesterol tinggi merupakan kondisi yang tidak bergejala, sehingga sering kali tidak disadari oleh penderitanya.

9 Kebiasaan Pagi yang Bisa Turunkan Kadar Kolesterol dalam Sebulan

"Mesti dipahami karena tidak ada tanda khusus kadar kolesterol dalam darah tinggi. Pegal-pegal, sakit tengkuk belum tentu tanda kolesterol tinggi. Kalau mau tau kolesterol kita tinggi atau tidak harus diperiksa," kata spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM dalam program Hidup Sehat TVOne, Selasa 10 Mei 2022.

Lebih lanjut diungkap Prof. Ari, penting bagi masyarakat untuk memperhatikan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebab, jika dibiarkan, kolesterol yang berlebihan bisa menumpuk di pembuluh darah.

Jangan Asal Gaya! Hati-Hati Penggunaan Sepatu Carbon Plated Buat Lari

"Kadar kolesterol tinggi akan menimbun di berbagai organ dan bisa berdampak di kemudian hari," kata dia.

Kolesterol

Photo :
  • Times of India
Keajaiban Teknologi! LVAD Selamatkan Nyawa Penderita Gagal Jantung yang Hampir Putus Asa

Meski begitu, Prof Ari mengungkap, kadar kolesterol yang tinggi tidak bisa secara langsung menyebabkan serangan jantung. Sebab kata dia, proses untuk bisa menuju tahap tersebut membutuhkan waktu yang panjang, maka dari itu penting kata dia untuk masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

"Tidak secara langsung serangan jantung, bahkan kejadian proses pengerasan pembuluh darah sejak anak-anak bertahap, dalam waktu singkat makan terlalu asin tekanan darah meningkat situ serangan jantung. Ada permasalahan di pembuluh darah jantung cepat bekerja akhirnya tumpukan lemak dalam darah lepas ke pembuluh darah di jantung koroner, serangan jantung. proses panjang karena gak check up," ujar dia.

Sementara itu, cara untuk mencegah kolesterol tinggi adalah dengan menjalani pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga, banyak mengonsumsi makanan sehat, misalnya buah dan sayur, serta tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Serangan jantung.

Photo :
  • U-Report

Jika pola hidup sehat saja tidak cukup untuk menurunkan kadar kolesterol, pasien disarankan untuk mengonsumsi obat penurun kolesterol dari dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya