Hati-hati Bercak Kuning pada Kulit Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi

Ilustrasi cek gula darah, cek kolesterol
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Kolesterol pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, serta vitamin D. Namun kadar kolesterol di dalam tubuh harus tetap pada aturan.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Pasalnya, ketika kadar kolesterol jahat (LDL) terlalu tinggi, akan berakibat fatal karena dapat menyumbat pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke jantung. Oleh karena itu, tanda kolesterol tinggi perlu diwaspadai sedini mungkin agar bisa segera dicegah.

Salah satu tanda atau gejala kolesterol tinggi adalah adanya bercak kuning pada kulit. Hal ini diungkap oleh spesialis penyakit dalam Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM dalam program Hidup Sehat TVOne, Selasa 10 Mei 2022.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

"Fakta ada timbunan kolesterol muncul seperti itu," kata dia.

Meski begitu, Prof Ari tetap menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol ke pusat pelayanan kesehatan. Hal ini untuk memastikan serta memberikan penanganan yang tepat agar kolesterol dalam darah bisa terkontrol sehingga mencegah terjadinya penyakit kronik.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

"Tapi kita tetep cek dulu, kalau ada timbunan itu kolesterol tinggi. Kalau tinggi kita turunkan, timbunan akan tinggi. Tapi pasien merasa gak ada timbunan seperti itu itu jadi berbahaya tapi di tubuhnya dia beranggapan dia sehat jangan seperti itu," kata dia.

Sementara itu, cara untuk mencegah kolesterol tinggi adalah dengan menjalani pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga, banyak mengonsumsi makanan sehat, misalnya buah dan sayur, serta tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Jika pola hidup sehat saja tidak cukup untuk menurunkan kadar kolesterol, pasien disarankan untuk mengonsumsi obat penurun kolesterol dari dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya