Kolom Prof Tjandra: Cacar Monyet di New York

Prof Tjandra Yoga Aditama
Sumber :
  • dokumentasi Prof Tjandra

VIVA – Saya kebetulan sedang di New York menghadiri wisuda Universitas Columbia. Sedang cukup banyak dibicarakan bahwa Dinas  Kesehatan New York menginvestigasi kemungkinan kasus Cacar Monyet, penyakit yang beberapa hari sebelumnya dilaporkan klaster kasus di Eropa, a.l di Inggris, Portugal, Swedia dan Spanyol. 

Prof Tjandra: Ramai Kasus Depresi di Kalangan PPDS, Ini 5 Rekomendasi Tindak Lanjut Perlu Dilakukan

Pasien pertama New York kali ini dirawat di RS Bellevue Hospital, di sekitar daerah 1st Avenue. Sampel pasien dikirm ke Laboratorium Kesehatan Masyarakat Kota untuk test awal, dan kalau positif akan dikirim ke Laboratorium Centers for Disease Control and Prevention (CDC) untuk memastikan apakah memang terkonfirmasi penyakit Cacar Monyet. Ini salah satu bentuk sistem rujukan berjenjang yang baik juga diterapkan di negara kita.

cacar monyet

Photo :
  • stat news
11 Warga Jakarta Barat Terpapar Cacar Monyet

Amerika Serikat sekitar 20 tahun yang lalu pernah mengalami outbreak Cacar Monyet yang waktu itu menularkan sampai 47 kasus, dan diduga berhubungan dengan importasi tupai dan atau hewan pengerat lain dari Ghana, yang kemudian menulari hewan setempat.

Dugaan kasus di New York kali ini terjadi sehari sesudah satu kasus terkonfirmasi di  Massachusetts, yang baru saja datang dari Kanada. Otoritas kesehatan di Montreal Kanada sedang menyelidiki lebih dari 15 suspek kasus ini di sekitar Montreal.

KALEIDOSKOP 2023: Perjalanan Kasus Cacar Monyet di Indonesia

Kita tahu bahwa sudah dilaporkan juga dugaan kasus dari Australia. Artinya, kita di Indonesia perlu memahami penyakit ini dan melakukan pengendalian Cacar Monyet bila diperlukan.

Prof Tjandra Yoga Aditama
Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI, yang sedang menghadiri wisuda di Columbia University New York.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya