10 Manfaat Putih Telur Cocok untuk Diet dan Atasi Masalah Kesehatan

Manfaat putih telur
Manfaat putih telur
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat putih telur ternyata baik untuk beberapa masalah kesehatan dan juga makanan diet bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau hidup sehat. Sebagian orang mungkin mengonsumsi telur secara utuh lengkap dengan bagian kuningnya, namun sebagiannya lagi mungkin hanya mengonsumsi bagian putih telurnya saja. Hal itu dikarenakan telur utuh memiliki tingkat kolesterol yang tinggi. Telur putih sendiri ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Mengutip dari Firstcry, berikut ini sejumlah manfaat putih telur yang baik dikonsumsi untuk kesehatan. 

1. Untuk Kadar Kolesterol Tinggi

Ilustrasi penderita kolesterol tinggi.

Ilustrasi penderita kolesterol tinggi.

Photo :
  • U-Report

Manfaat putih telur yang pertama adalah mengurangi kadar kolesterol. Putih telur itu minim kolesterol. Mengonsumsi putih telur aman untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi, karena tetap ada nutrisi tetapi kadar kolesterol tidak akan meningkat jauh. Kadar kolesterol tinggi meningkatkan kemungkinan stroke atau serangan jantung. Jadi makan putih telur akan menjadi salah satu makanan yang aman bagi orang-orang dengan masalah kardiovaskular karena rendah kolesterol dan tidak akan menyebabkan masalah.

2. Untuk Sistem Saraf

Sistem saraf

Sistem saraf

Photo :
  • scientopia.org

Salah satu komponen bermanfaat yang ditemukan dalam putih telur yakni ada kolin, sejenis fosfatidilkolin. Fungsi utama senyawa ini adalah untuk memastikan proses metilasi yang tepat dalam tubuh. Fungsi ini sangat penting untuk pembuatan DNA, detoksifikasi dan pensinyalan saraf. Tingkat yang cukup dari senyawa ini dalam tubuh akan mencegah kerusakan pada sistem saraf dan menjadi salah satu manfaat telur putih yang terbilang sangat berguna.