Makan Ini untuk Menurunkan Kadar Kolesterol yang Tinggi 

Kolesterol
Sumber :
  • times of india

VIVA – Kadar kolesterol tinggi bisa berbahaya. Menempatkan kesehatan kardiovaskular Anda pada risiko, kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan keadaan darurat medis seperti stroke

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Meskipun ada beberapa penyebab peningkatan kolesterol, salah satu penyebab paling umum adalah pola makan kita yang meliputi makan makanan yang mengandung terlalu banyak lemak jenuh. 

Makanan tersebut termasuk mentega, kue, biskuit, potongan daging berlemak, sosis, daging yang diawetkan seperti salami dan keju.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Diet dapat menghambat atau menurunkan tingkat Anda, jadi memilih makanan yang tepat sangat penting. Jika Anda memiliki kolesterol tinggi maka salah satu langkah pertama yang harus diambil adalah berhenti makan lemak jenuh ini dan beralih ke makanan yang tidak hanya mengontrol, tetapi juga menurunkan kolesterol Anda yang meningkat. 

Salah satu bagian penting dari makanan penghilang kolesterol adalah serat makronutrien, demikian dilansir dari Times of India.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Kolesterol

Photo :
  • Times of India

Bagaimana serat menurunkan kolesterol tinggi?

Serat, terutama serat larut, dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol LDL dalam darah Anda. Jika Anda tidak sadar, ada dua bentuk utama kolesterol: low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). Kolesterol LDL juga dikenal sebagai 'buruk' adalah jenis yang menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar dari masalah jantung dan stroke. 

HDL dikenal sebagai "kolesterol baik" karena mengangkut kelebihan kolesterol dari darah Anda kembali ke hati Anda untuk dihilangkan.

Serat larut menurunkan kolesterol dengan mencegah reabsorpsi empedu di usus Anda. Tubuh kemudian menarik kolesterol dari aliran darah untuk membuat lebih banyak empedu, yang pada gilirannya, mengurangi tingkat LDL secara keseluruhan.

Sumber serat penurun kolesterol

Serat

Photo :
  • times of india

Menemukan sumber serat mungkin salah satu tugas termudah untuk dilakukan. Tapi karena mudah, orang mungkin tidak terlalu bersemangat. Itu datang tanpa kata-kata mewah, sederhananya, semua buah dan sayuran kaya akan kandungan serat. Itu alami, sehat dan tidak rumit. 

Beberapa sumber serat yang sangat baik ini termasuk ubi jalar, terong, okra, brokoli, apel, stroberi, dan plum. Kacang-kacangan seperti kacang-kacangan, kacang polong dan lentil sangat tinggi serat larutnya. Oat adalah pilihan sarapan yang baik, karena biji-bijian ini dikemas dengan serat larut.

Para ahli merekomendasikan setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Sebuah studi penelitian terbaru yang diterbitkan di The Lancet menemukan bahwa asupan setidaknya 25 gram serat makanan sehari dikaitkan dengan penurunan berat badan, tekanan darah, gula darah, kolesterol, serta risiko lebih rendah terkena (atau meninggal karena) diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker payudara atau usus besar.

Komplikasi kolesterol tinggi

Penting untuk tetap memeriksa kadar kolesterol Anda. Dengan kolesterol tinggi, Anda dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah yang menyulitkan cukup darah untuk mengalir melalui arteri.

Endapan (plak) ini dapat mengurangi aliran darah melalui arteri Anda, yang dapat menyebabkan beberapa komplikasi. Jika arteri yang memasok darah ke jantung Anda terpengaruh, Anda mungkin mengalami nyeri dada dan gejala penyakit arteri koroner lainnya.

Jika plak robek atau pecah, bekuan darah dapat terbentuk di tempat pecahnya plak – menghalangi aliran darah atau menyumbat arteri di bagian hilir. 

Jika aliran darah ke bagian jantung berhenti, Anda akan mengalami serangan jantung. Mirip dengan serangan jantung, stroke terjadi ketika gumpalan darah menghalangi aliran darah ke bagian otak Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya