Sakit pada Bagian Ini, Waspadai Gejala Kanker Paru-paru

Gejala kanker paru-paru
Sumber :
  • times of india

VIVA – Kanker adalah krisis kesehatan global berkelanjutan yang merenggut jutaan nyawa setiap tahun. Kanker ditandai dengan sel-sel jahat yang berkembang biak dengan cara yang tidak terkendali, akhirnya berkonglomerat menjadi tumor yang dapat terus menyerang jaringan tetangga.

Bingung Pilih Skincare Lokal atau Luar? Begini Saran Dokter

Fitur yang terus berkembang inilah yang membuat kondisi ini sangat sulit untuk diobati, tetapi menyelidiki gejala yang mencurigakan lebih awal dapat membuat pemulihan yang sukses.

Bentuk penyakit yang paling ditakuti, kanker paru-paru, tidak menimbulkan gejala apa pun sampai menyebar, tetapi beberapa orang dengan kanker paru-paru dini memang memiliki gejala. Salah satu gejala ini adalah rasa sakit yang konstan di tiga bagian wajah. Rasa sakit menimpa antara 20 dan 50 persen pasien kanker, menurut para peneliti, demikian dikutip dari Times of India.

5 Manfaat Lakukan Facial, Tingkatkan Sirkulasi Darah Hingga Jaga Kesehatan Kulit

Di bagian mana rasa sakit muncul di wajah?

Ilustrasi kanker paru-paru.

Photo :
  • U-Report
Sebabkan Penyakit Kronis, Pakar Sebut Air di Atas Baku Mutu Tak Dapat Lagi Dikonsumsi

Banyak pasien kanker menggambarkan rasa sakit yang konstan, sakit, dan terkadang tajam. Dalam beberapa kasus, itu bisa menjadi tanda pertama yang muncul. Rasa sakit biasanya terletak di telinga dan daerah temporal, dan kadang-kadang rahang.

Dalam beberapa laporan, pasien menggambarkan "serangan nyeri wajah yang melemahkan", yang muncul sebagai sakit kepala cluster. Ini mungkin memburuk ketika seseorang berbaring atau mengangkat kedua lengan.

Para peneliti mencatat bahwa rasa sakit bisa, pada kesempatan langka, menjadi gejala kanker paru-paru. Studi kasus tahun 2018 menggambarkan pengalaman satu orang yang mendatangi dokter kulit tentang pembengkakan di sekitar mata dan rasa bengkak di wajah dan tenggorokan. Tes diagnostik menunjukkan bahwa orang tersebut menderita kanker paru-paru sel kecil (SCLC).

Mengapa kanker menyebabkan nyeri wajah?

Rasa nyeri hebat di wajah.

Photo :
  • U-Report

Menurut peneliti, nyeri wajah pada kanker paru-paru dapat berkembang karena sekelompok gangguan yang terjadi ketika antibodi pelawan kanker secara keliru menyerang sel-sel normal di sistem saraf. Atau, tumor dapat memberikan tekanan terhadap vena cava - pembuluh yang menuju ke wajah. Ini tidak hanya dapat menyebabkan rasa sakit, tetapi juga dapat menyebabkan pembengkakan yang nyata.

Nyeri wajah bisa menjadi gejala dari beberapa jenis kanker lainnya. Nyeri wajah terjadi pada sekitar 80 persen pasien kanker kepala dan leher.

Gejala lain dari kanker paru-paru

Seiring berkembangnya kanker paru-paru, berbagai komplikasi dapat terjadi, selain nyeri wajah dan pembengkakan. Ini termasuk cairan di sekitar paru-paru, infeksi, pembekuan darah, kadar kalsium tinggi, masalah dengan sistem saraf seperti kompresi sumsum tulang belakang, penyumbatan di saluran udara atau pipa makanan, tumor di bagian lain dari tubuh, karena metastasis dan masalah kesehatan mental.

Apabila pergi ke dokter ketika pertama kali melihat gejala, kanker Anda mungkin didiagnosis pada tahap awal, ketika pengobatan lebih mungkin efektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya