Catat! Ini Usia yang Tepat Memiliki Anak

Ilustrasi pasangan suami istri yang memiliki bayi
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Seiring bertambahnya usia wanita dan pria, potensi mereka untuk memiliki anak akan menurun meskipun waktu yang tepat kapan hal ini mulai terjadi dapat bervariasi pada setiap individu.

Syahrini Ternyata Pernah Keguguran 2 Kali, Aisyahrani : Perjuangan Hamil Nggak mudah

Kita semua tahu seseorang yang memiliki bayi yang sehat di usia akhir 30-an atau awal 40-an. Tetapi dari semua orang yang mencoba untuk memiliki bayi di usia yang lebih tua, banyak yang tidak akan memiliki bayi yang mereka harapkan.

Melansir dari situs yourfertility, di seluruh populasi, wanita yang lebih muda dari 35 dan pria yang lebih muda dari 40 memiliki kesempatan lebih baik untuk memiliki anak daripada mereka yang lebih tua. Ini berlaku untuk kehamilan alami dan untuk kehamilan yang dikandung melalui perawatan reproduksi berbantuan seperti IVF (fertilisasi in-vitro).

Mantap Gugat Cerai, Tengku Dewi Siap Melahirkan Tanpa Andrew Andika

Usia mempengaruhi sel telur dan sperma

Sperma

Photo :
  • Times of India
Banyak Orang Amerika Enggan Ganti Mobil Gara-gara Ini
  • Wanita yang lebih muda memiliki sel telur yang lebih banyak dan lebih sehat daripada wanita yang lebih tua.
  • Pria yang lebih muda memiliki sperma yang lebih aktif dan berkualitas lebih baik daripada pria yang lebih tua.

Usia dan sel telur

Seorang wanita dilahirkan dengan semua telur yang akan dia miliki. Seiring bertambahnya usia, telurnya menua bersamanya dan jumlah serta kualitasnya berkurang seiring waktu. Inilah sebabnya mengapa peluangnya untuk memiliki bayi juga berkurang seiring waktu, terutama bagi wanita yang berusia lebih dari 35 tahun.

Informasi ini mungkin sulit bagi wanita yang, karena alasan apa pun, belum siap di usia 20-an atau awal 30-an untuk memulai sebuah keluarga.

Usia dan sperma

Pria yang berusia kurang dari 40 tahun memiliki peluang lebih besar untuk menjadi ayah daripada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun. Kualitas sperma yang dihasilkan pria tampaknya menurun seiring bertambahnya usia.

Kebanyakan pria membuat jutaan sperma baru setiap hari, tetapi pria yang lebih tua dari 40 memiliki lebih sedikit sperma sehat daripada pria yang lebih muda. Jumlah air mani (cairan yang mengandung sperma) dan motilitas sperma (kemampuan untuk bergerak menuju sel telur) terus menurun antara usia 20 dan 80 tahun.

Usia wanita dan kehamilan

Perempuan hamil

Photo :
  • times of india

Untuk individu dan pasangan mungkin ada banyak alasan mengapa kehidupan menghalangi memulai sebuah keluarga. Tidak memiliki pasangan, karier, keuangan, perumahan, perjalanan, tidak merasa siap, apa pun alasannya, banyak yang menemukan bahwa ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki bayi.

Terkadang orang menemukan diri mereka mencoba untuk hamil di kemudian hari, ketika itu bisa menjadi jauh lebih sulit. Bagi wanita, waktu paling mudah untuk hamil adalah sebelum usia 30 tahun. Semakin bertambahnya usia wanita, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk hamil dan kemungkinan memiliki bayi semakin kecil.

Usia pria juga penting

Ilustrasi pasangan.

Photo :
  • Freepik/halayalex

Kita semua pernah mendengar tentang pria berusia 80-an dan 90-an yang menjadi ayah dari anak-anak, tetapi ini jarang terjadi. Usia seorang ayah juga mempengaruhi kemungkinan pasangan untuk hamil. Dibutuhkan lebih lama bagi pasangan pria yang lebih tua dari 40 tahun untuk hamil.

Dengan asumsi seorang wanita lebih muda dari 25; jika pasangannya juga lebih muda dari 25, dibutuhkan rata-rata lima bulan untuk hamil. Jika pasangannya lebih tua dari 40 tahun, dibutuhkan sekitar dua tahun, dan bahkan lebih lama jika dia lebih tua dari 45.

Juga, risiko keguguran lebih tinggi pada wanita yang pasangan prianya lebih tua dari 45 tahun, dibandingkan dengan pria yang lebih muda dari 25 tahun. Bagi pasangan yang menjalani IVF, peluang memiliki bayi lebih tinggi jika pria berusia di bawah 41 tahun.

Risiko kehamilan dan kelahiran

Hamil

Photo :
  • The Sun

Karena perubahan yang terjadi pada sel telur dan sperma seiring bertambahnya usia, termasuk kerusakan materi genetik, anak-anak dari orang tua yang lebih tua memiliki risiko cacat lahir dan kelainan genetik yang sedikit lebih tinggi.

Risiko masalah kesehatan mental dan gangguan spektrum autisme sedikit lebih tinggi pada anak-anak dari ayah yang lebih tua dari 40 tahun dibandingkan mereka dengan ayah yang lebih muda.

Diperkirakan bahwa risiko memiliki bayi dengan kelainan kromosom (atau genetik) adalah sekitar satu dari 400 untuk wanita berusia 30 tahun dan satu dari 100 untuk wanita berusia 40 tahun.

Risiko keguguran dan komplikasi pada kehamilan dan persalinan lebih tinggi pada wanita yang lebih tua daripada wanita yang lebih muda.

Wanita yang lebih tua juga memiliki risiko lebih tinggi mengalami diabetes gestasional, plasenta previa, solusio plasenta, lahir mati dan kelahiran caesar dibandingkan wanita yang lebih muda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya