Harganya Murah, 1 Rempah Ini Bisa Turunkan Gula Darah Tinggi

Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

VIVA – Diabetes tipe 2 dicirikan dengan kadar gula darah yang tak terkendali yang bisa sulit untuk diatasi. Untungnya, ada rempah murah yang menunjukkan dapat menurunkan kadar gula darah hingga 35 persen.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Rempah spesifik yang dipuji karena kekuatannya untuk menurunkan gula darah tinggi dan salah satu yang paling dikenal adalah jahe.

Jahe adalah batang bawah tanah (rimpang) yang diikat tebal  dari tanaman Zingiber officinale yang telah digunakan selama berabad-abad di kuliner dan pengobatan Asia.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Sejumlah studi telah menunjukkan manfaat suplemen jahe untuk mengendalikan gula darah.

Pada European Journal of Pharmacology edisi Desember 2009, para peneliti melaporkan bahwa dua ekstrak jahe berbeda, spissum dan ekstrak berminyak, berinteraksi dengan reseptor serotonin untuk mengubah efeknya pada sekresi insulin.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Perawatan dengan ekstrak tersebut menghasilkan 35 persen penurunan dalam kadar gula darah dan 110 persen peningkatan kadar plasma insulin.

Dikutip dari laman Express, sebuah studi yang diterbitkan jurnal Planta Medica edisi Agustus 2012 menyimpulkan bahwa jahe bisa meningkatkan kontrol gula darah jangka panjang untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Para peneliti dari University of Sydney, Australia, menemukan bahwa ekstrak dari Jahe Buderim (jahe yang ditanam di Australia) kaya akann gingerols, komponen paling aktif dari rimpang jahe. Kandungan ini meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel otot tanpa menggunakan insulin, dan karenanya membantu dalam manajemen kadar gula darah tinggi.

Diabetes.co.uk mengatakan, penting juga mengatakan bahwa jahe memiliki indeks glikemik yang sangat rendah.

Makanan rendah indeks glikemik dipecah dengan lambat untuk membentuk glukosa dan karena itu tidak memicu kenaikan kadar gula darah seperti makanan yang tinggi indeks glikemik.

Makanan rendah indeks glikemik lainnya meliputi:

- Buah-buahan dan sayuran
- Kacang-kacangan
- Makanan biji utuh seperti bubur gandum

Beberapa makanan rendah indeks glikemik adalah makanan yang harus dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang.

Ilustrasi jahe.

Photo :
  • Pixabay/ Couleur

Namun, badan kesehatan Inggris NHS mengingatkan, hanya menggunakan indeks glikemik untuk menentukan apakah makanan atau kombinasi makanan sehat bisa salah.

"Makanan dengan indeks glikemik tinggi tidak selalu tidak sehat dan tidak semua makanan dengan indeks glikemik rendah sehat," jelas NHS.

Misalnya, semangka dan ubi adalah makanan dengan indeks glikemik tinggi, sementara kue cokelat memiliki nilai indeks glikemik lebih rendah.

"Kalau Anda hanya makan makanan dengan indeks glikemik rendah, diet Anda mungkin tidak seimbang dan tinggi lemak," lanjut NHS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya