Siapa Sangka, Ikan Teri Punya Manfaat Baik untuk Jantung

Sakit jantung
Sakit jantung
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Ikan teri jadi salah satu bahan yang difavoritkan banyak orang. Ikan teri bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Makanan dengan berbahan teri bahkan hingga ratusan, sebut saja teri kacang dan sambal teri.

Ada beberapa jenis teri, seperti teri basah dan jengki yang hadir dengan ukuran dan harga yang berbeda. Ikan teri umumnya ditemukan di kawasan pinggir pantai samudera Atlantik, Hindia, dan Pasifik, serta dikategorikan sebagai ikan berminyak.

Selain sedap disantap, adakah teri bermanfaat untuk kesehatan? Mengenai hal ini dr. Ida Gunawan, MS, Sp.GK(K), FINEM memberikan jawaban dalam Hidup Sehat tvOne, Kamis, 2 Juni 2022. Salah satunya baik untuk jantung.

JANTUNG SEHAT

JANTUNG SEHAT

Photo :
  • U-Report

"Ternyata ikan teri, kecil-kecil gini cabe rawit, kaya akan lemak baik, omega 3, dan punya efek baik untuk jantung," kata Ida.

Selain itu, ikan teri juga baik untuk kesehatan mata. Hal ini karena kandungan vitamin A yang ada di dalam ikan teri.

"Ikan teri kaya akan protein, kalsium, minyak baik, kaya vitamin A. Kita seringh bicara vitamin A itu dari wortek, itu beta karoten. Vitamin A sumber ada dua, hewani dan nabati. Banyak dikenal awam, nabati, dari wortel, pepaya dan lainnya. Sumber hewani jarang orang tau, salah satunya dari ikan teri," ujarnya.