Kram di 5 Bagian Tubuh Ini Tanda Kolesterol Tinggi

Ilustrasi kram kaki.
Sumber :
  • Freepik/wayhomestudio

VIVA – Kolesterol tinggi bisa digambarkan sebagai pembunuh tak kasat mata karena kondisi ini membuka jalan terhadap masalah kesehatan serius tanpa meninggalkan gejala nyata.

8 Risiko yang Sering Diabaikan saat Naik Gunung, Pendaki Wajib Tahu!

Penumpukan kolesterol itu bisa memicu sejumlah komplikasi yang memang menunjukkan gejala. Penyakit pembuluh darah perifer adalah komplikasi terkait kolesterol yang bisa menimbulkan tanda peringatan akut.

Penyakit pembuluh darah perifer adalah penyakit di mana plak seperti kolesterol menumpuk di pembuluh darah yang membawa darah ke kepala, organ-organ dan kaki.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Menurut Departemen Bedah University of California San Francisco, gejala bisa meliputi kram di kaki yang terdampak dan di bokong, paha, betis, dan kaki, yang bisa mereda setelah beristirahat.

ilustrasi kaki

Photo :
  • pixabay/moritz320
5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Tanda lain dari penyakit ini juga meliputi:

- Denyut melemah atau tidak ada pada kaki atau tungkai
- Luka pada jari kaki atau tungkai yang sembuh perlahan, buruk atau tidak sama sekali
- Warna pucat atau kebiru-biruan di kulit
- Suhu lebih rendah pada satu kaki dibanding kaki lainnya
- Pertumbuhan kuku yang buruk pada jari kaki dan menurunnya pertumbuhan rambut di kaki
- Disfungsi ereksi, terutama pada pria yang memiliki diabetes

Penting dicatat bahwa banyak orang mengalami penyakit pembuluh darah perifer tidak memiliki tanda atau gejala. Meski begitu, Anda harus menemui dokter jika mengalami sakit di kaki yang berulang saat berolahraga.

"Jika dokter mencurigai penyakit pembuluh darah perifer, mereka akan melakukan pemeriksaan fisik di kaki terlebih dahulu," jelas badan kesehatan Inggris NHS dikutip laman Express.

Dokter akan melihat gejala-gejala seperti:

- Kulit berkilau
- Kuku kaki rapuh
- Rambut rontok di tungkai dan kaki
- Denyut di kaki sangat lemah atau tidak terdeteksi
- Luka kaki

"Dokter juga akan menanyakan mengenai riwayat kesehatan personal dan keluarga," tambah NHS.

kolesterol tinggi

Photo :
  • U-Report

Untuk mengurangi risiko penyakit ini dan komplikasi karena kolesterol lainnya, Anda harus tetap memperhatikan kadar kolesterol tinggi Anda.

Diet memberikan berbagai cara untuk menurunkan kolesterol tinggi. Ada beberapa makanan yang tidak hanya bagian dari diet sehta tapi secara aktif menurunkan kolesterol juga.

Menurut yayasan kolesterol Heart UK, kuncinya adalah memangkas konsumsi lemak jenuh dan menggantinya dengan lemak tak jenuh.

Sumber terbaik dari lemak tak jenuh adalah minyak sayur seperti zaitun, bunga matahari, jagung dan biji-bijian. Serta, buah alpukat dan minyak ikan.

"Minyak ikan sumber yang bagus dari lemak tidak jenuh yang sehat, terutama tipe yang disebut dengan lemak omega-3," jelas Heart UK.

Menurut yayasan itu, Anda harus menargetkan mengonsumsi dua porsi ikan per minggu, setidaknya salah satunya harus memiliki minyak.

"Satu porsi adalah 140 gram, tapi Anda bisa mengonsumsi dua hingga tiga porsi lebih kecil selama satu minggu," lanjut Heart UK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya