5 Efek Posisi Tidur Tidak Baik Bagi Kesehatan, Jangan Tengkurap!

Ilustrasi tidur.
Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mungkin sebagian orang belum mengetahui dan memikirkan posisi tidur tidak baik untuk bagi tubuh. Ada juga kemungkinan besar saat kamu memiliki masalah kesehatan seperti insomnia, nyeri atau alasan lain, jadi kamu perlu bertanya. Posisi tidur ternyata sangat berdampak penting, terutama jika memengaruhi pernapasan.

Jadi apa efek buruk dari posisi tidur tidak baik? Bagaimana seharusnya kamu tidur untuk meredakan sakit punggung atau leher? Pada kali ini akan dibahas sejumlah efek buruk dari posisi tidur yang tidak baik bagi kesehatan. Melansir dari Verywellhealth, berikut ini posisi tidur tidak baik dan berefek buruk pada kesehatan.

1. Telentang

Ilustrasi menguap / mengantuk / tidur.

Ilustrasi menguap / mengantuk / tidur.

Photo :
  • Pixabay/ victoria_borodinova

Mereka yang mengalami gangguan bernapas saat tidur mungkin berbaring telentang dapat memperburuk keadaan. Telentang juga dapat menyebabkan suara dengkuran menjadi lebih keras.

Penyumbatan hidung dan pernapasan mulut memungkinkan rahang bawah dan lidah lebih mudah bergeser ke belakang dan menghalangi jalannya napas. Hal tersebut dapat menyebabkan sleep apnea, jeda dalam bernapas saat tidur.

Terdapat sejumlah masalah kesehatan yang bisa memburuk akibat sleep apnea saat posisi tidur telentang, diantaranya sebagai berikut: