5 Cara Mencegah Rambut Lepek Agar Tetap Bervolume dan Tampak Sehat

Ilustrasi wanita berambut panjang
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Rambut lepek, kusam, lemas dan terlihat seperti tidak bernyawa merupakan masalah yang umum bagi sebagian besar orang. Jika rambut kamu terlihat lepek atau lemas, maka kamu berarti harus mencari solusi agar rambut menjadi tidak lepek lagi dan lebih sehat. Caranya dengan melakukan perawatan rambut dan lebih memperhatikan rambut. 

Presiden WAML dan Menkumham Bertemu, Bahas Hak Kesehatan Narapidana

Pada kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mencegah rambut lepek sebagai sebuah solusi. Nah, untuk itu kamu tidak perlu merasa khawatir karena akan diberikan tips mencegah rambut lepek. Mengutip dari bebeautiful.in, berikut ini lima tips atau cara mencegah rambut lepek agar rambut terlihat lebih bervolume dan sehat.

1. Menggunakan shampo dan kondisioner yang tepat

5 Risiko Menakutkan yang Tersembunyi di Balik Jenggot dan Kumis Kasar yang Tidak Terawat

Keramas yang salah.

Photo :
  • U-Report

Cara mengatasi rambut lepek yang pertama akan dibahas yakni kamu harus memilih dan menggunakan shampo dan kondisioner yang tepat dan cocok. Hal ini adalah salah satu yang paling mendasar namun penting dilakukan untuk mengatasi rambut lepek. Gunakanlah shampo dan kondisioner yang dapat menambah volume rambut, yang memang khusus ditujukan untuk rambut tipis atau lepek. 

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Pencernaan Lancar dengan Buah Delima

2. Mengaplikasikan kondisioner dengan benar

Ilustrasi keramas.

Photo :
  • Freepik/freepik

Selanjutnya, memilih kondisioner rambut yang tepat saja tidak cukup, kamu juga perlu menggunakannya dengan benar untuk efek yang maksimal. Selalu gunakan kondisioner dari bagian tengah hingga ujung rambut. Karena kulit kepala kamu sejatinya sudah menghasilkan cukup banyak minyak yang membuat rambut terlihat lepek. Sehingga kamu tidak perlu lagi menambahkan kondisioner ke kulit kepala rambut. 

3. Menggunakan sisir rambut bulu

Ilustrasi Rambut Rontok

Photo :
  • U-Report

Sisir dengan sikat plastik yang tipis adalah penyebab utama di balik rambut yang lepek. Mengapa? Karena plastik merupakan penghantar panas yang buruk, sehingga mengakibatkan banyak rambut statis. Maka dari itu, untuk mengatasinya, kamu harus menggunakan sisir kayu atau sisir yang berbulu alami karena dapat bekerja sangat baik dalam mendistribusikan minyak alami kulit kepala ke seluruh rambut, sehingga mengurangi kusut dan lepek. .

 4. Posisi rambut saat dikeringkan

Mengeringkan rambut setelah keramas.

Photo :
  • U-Report

Saat mengeringkan rambut yang basah, teknik yang penting digunakan adalah memberikan kehidupan pada rambut. Sebaiknya, posisikan rambut dengan membalikkan rambut ke arah bawah dan keringkan di bagian akar. Selanjutnya, daripada menggunakan sisir, lebih baik gunakan jari-jari kamu agar rambut terlihat lebih bervolume lagi.

 5. Menggunakan sarung bantal sutra saat tidur

Ilustrasi wanita tidur.

Photo :
  • U-Report

Cara mencegah rambut lepek yang terakhir adalah dengan menggunakan sarung bantal yang berbahan sutra saat tidur. Sarung bantal yang berbahan sutra halus dapat menyerap semua minyak alami yang dihasilkan kulit kepala saat tidur. Lebih baik lagi jika menggunakan sarung bantal yang berbahan satin karena jauh lebih lembut dan dapat mencegah simpul dan benang yang tidak perlu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya