Ramai Challenge Minum Sebotol Soda Tanpa Sendawa, Apa Bahayanya?

Ilustrasi minuman ringan atau minuman bersoda.
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Baru-baru ini di TikTok, ramai adanya challenge minum sebotol soda tanpa sendawa. Tantangan tersebut mengharuskan seseorang untuk minum sebotol minuman bersoda, namun harus menahan jangan sampai bersendawa. 

Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok

Ya, umumnya ketika seseorang minum-minuman bersoda, kita akan mudah mengeluarkan sendawa. Lalu, apa jadinya jika kita menahan sendawa saat mengonsumsi minuman bersoda? Apakah ada bahayanya? 

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi hepatologi, Prof. Dr. dr. Rino Alvani Gani, Sp.PD-KGEH, menjelaskan, minum soda sebenarnya akan menghasilkan gas

Pertamina Adds 7.36 Million Three-kg Gas Canisters for Eid al-Fitr

"Gas yang dilepaskan itu adalah CO2. Dan gas CO2 itu akan dikumpulkan di lambung. Jadi kenapa sendawa saat minum soda? Oleh karena gas yang ada tersebut, CO2 nya itu," ujarnya saat Media Discussion mengulas teknologi Endoscopic Ulstrasound, yang digelar virtual oleh RS Pondok Indah Group, Rabu 15 Juni 2022. 

Ilustrasi diet coke atau soda bebas kalori.

Photo :
  • Pixabay
Bikin Geram, Netizen Temukan Prilly Latuconsina Masak Hidangan Lebaran Pakai Gas Subsidi

Lebih lanjut, Prof. Rino mengungkap, challenge minum soda dengan menahan sendawa, bisa saja berbahaya. 

"Kalau tekanan di lambung menjadi besar dan akibat dari berkurangnya pasokan darah ke lambung, sehingga lambungnya akan mengalami kelainan dan bisa terjadi kerusakan lambung juga," ungkapnya. 

Menurut Rino, tidak mengeluarkan sendawa saat mengonsumsi sendawa dengan cara ditahan, bisa saja dilakukan. Namun, lambung memiliki mekanisme tersendiri bila tekanannya terlalu besar. 

"Maka tekanan tersebut akan di-release. Lambung itu ada klepnya pada tekanan tertentu, klep itu bisa membuka dengan sendirinya. Dan secara disengaja kita bisa tahan (sendawa), tapi pada tekanan tertentu tidak bisa lagi menahan, sehingga gasnya akan keluar sendiri," pungkas Prof. Rino Alvani Gani. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya