Teknologi Ini Membantu Pasien Diabetes Turunkan Berat Badan Saat Tidur

Ilustrasi tidur.
Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Lifestyle – Penelitian telah menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 dapat dibantu untuk menurunkan berat badan saat mereka tidur, dengan metode pengobatan baru yang sedang dieksplorasi oleh para ilmuwan.

Para peneliti di University of Portsmouth sedang mencari sukarelawan untuk mencoba sistem baru, yang akan melihat apakah menghirup oksigen dalam jumlah yang lebih rendah (hipoksia) selama tidur, dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Dilansir dari laman vanguardngr, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah tidur di tenda khusus yang menciptakan lingkungan oksigen yang lebih rendah di udara, efektif untuk meningkatkan kontrol glukosa darah, dan membantu dalam penurunan berat badan.

Bukti sebelumnya telah menunjukkan bahwa hipoksia dapat mengurangi nafsu makan dan membakar lebih banyak kalori pada orang yang memiliki diabetes tipe 2.

Ilustrasi diabetes.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Namun, relawan yang mengikuti uji coba dari rumah mereka sendiri akan tidur di tenda yang didirikan oleh tim peneliti selama dua periode 10 hari. Selama salah satu periode, tingkat oksigen akan diatur ke 15 persen, mirip dengan tingkat untuk penumpang di pesawat terbang, atau untuk orang yang tinggal di ketinggian.

Dr Ant Shepherd, dosen senior di fakultas olahraga, kesehatan dan ilmu olahraga universitas, mengatakan: “Diabetes tipe 2 adalah kondisi umum yang menyebabkan kadar glukosa darah menjadi terlalu tinggi.