Jangan Sepelekan Penyakit Wasir Atau Ambeien, Simak Penjelasan Dokter

Ciri khas penyakit wasir.
Sumber :
  • vstory

VIVA Lifestyle – Penyakit wasir (hemoroid) atau yang dikenal juga sebagai ambeien itu merupakan organ yang normal yang terdapat di daerah anus. Namun karena gangguan seperti susah buang air besar (BAB) atau duduk berlama-lama saat buang air besar, maka wasir itu dapat membesar dan turun dari tempat penggantungnya di atas. Sehingga menyebabkan munculnya benjolan dari anus yang terkadang bisa keluar darah atau terasa nyeri. 

Ditanya Apakah Pernah Menangani Pasien Korban Santet? Ini Kata Dokter Forensik Djaja Surya Atmadja

Penyebab wasir

Ilustrasi penderita wasir.

Photo :
  • U-Report
Sebabkan Penyakit Kronis, Pakar Sebut Air di Atas Baku Mutu Tak Dapat Lagi Dikonsumsi

Salah satu penyebab penyakit wasir biasanya karena seseorang terlalu sering mengeden dengan menggunakan tekanan dari dalam tubuh saat susah buang air besar (BAB). Atau bisa juga saat ada tumor di ususnya yang membuatnya harus mengeden sehingga wasirnya lama-lama akan terganggu. 

Pada umumnya semua orang memiliki hemoroid atau wasir, namun bagi mereka yang wasirnya terganggu, maka wasirnya itu akan membesar, terasa nyeri dan bahkan keluar darah dari anus. 

Wasir atau Ambien Menghambat Ibadah di Bulan Puasa? Ini Jawabannya

Seseorang yang memiliki tumor usus besar juga bisa menimbulkan wasir karena selalu merasa tidak puas saat BAB sehingga memaksa untuk mengeden. Padahal feses sudah keluar namun tumornya itu yang membuat penderita tumor usus besar tetap mengeden. 

Gejala wasir

Ilustrasi Penderita Wasir

Photo :
  • U-Report

Biasanya gejala wasir yang dirasakan awalnya adalah adanya benjolan yang bisa keluar saat buang air besar. Terkadang benjolan ini bisa masuk sendiri atau harus didorong terlebih dahulu baru masuk. Pasien yang berobat juga biasanya mengeluhkan adanya benjolan saat membersihkan area duburnya. 

Pada tahap yang lebih lanjut, penderita wasir akan merasakan nyeri, BAB berdarah hingga BAB terganggu. 

Biasanya apabila belum terasa nyeri tidak akan susah untuk BAB, namun apabila sudah terasa nyeri maka BAB akan terganggu dan susah. Hal itu dikarenakan setiap BAB penderita akan selalu merasakan nyeri dan berdarah .

“Nyeri dan berbahaya ini kan berbahaya juga karena kalau darah, walaupun sedikit-sedikit keluar tapi kalau tiap kali buang air besar berdarah lama kelamaan anemia juga pasiennya, hemoglobinnya turun gitu,” jelas Dr. Felmond Limanu spesialis bedah dari RS OMNI Pekayon dalam program sesi tanya dokter di lifestyleOne YouTube VDVC yang dikutip VIVA pada Selasa, 28 Juni 2022. 

Tahapan atau stadium pada wasir

Pembengkakan hemoroid itu ada dua yakni hemoroid external atau yang ada di luar dan hemoroid internal yang ada di dalam. 

Untuk hemoroid internal ada empat fase yang diantaranya adalah:

1. Hemoroid membesar tapi belum keluar

2. Keluar benjolan tapi bisa masuk sendiri

3. Sudah keluar benjolan dan harus didorong atau masih bisa masuk

4. Benjolan sudah besar, menghitam dan tidak bisa masuk lagi

Siapa yang lebih berisiko terkena wasir? 

Baik bagi laki-laki maupun wanita risiko wasir dikatakan hampir sama, tapi biasanya orang-orang yang sering susah buang air besar atau yang suka duduk berlama-lama di toilet, risiko terjadinya gangguan wasir atau pembesaran hemoroidnya lebih tinggi. Biasanya lebih sering terjadi pada usia muda dan dewasa hingga usia tua. 

Cara menangani wasir

Cuka Sari Apel Untuk Obati Wasir

Photo :
  • U-Report

Apabila penderita masih di stadium awal mungkin masih bisa dicoba disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan atau perubahan gaya hidup seperti makan makanan yang tinggi serat dan banyak meminum air putih. Selain itu juga menghindari untuk duduk berlama-lama di toilet saat sedang BAB agar bengkak pada hemoroidnya itu bisa berkurang. 

Namun apabila sudah berada di stadium dua hingga empat, tidak bisa hanya dengan obat-obatan saja atau mengubah gaya hidup dan pola hidup sehat saja karena biasanya tetap gagal. Melainkan harus segera dilakukan tindakan operasi sebagai penanganan yang terbaik. 

Pantangan bagi penderita wasir

Pantangan bagi seseorang yang sudah terkena atau penderita wasir adalah jangan duduk berlama-lama saat BAB, jangan mengeden saat BAB, memakan makanan selain yang berserat dan tidak meminum air putih untuk memperlancar BAB. 

Risiko wasir bagi wanita hamil

Hamil

Photo :
  • The Sun

Wanita hamil kemungkinan besar bisa terkena wasir atau hemoroid karena adanya penekanan dari ukuran rahim yang membesar. Hal itu dikarenakan terisi bayi sehingga terjadi penekanan pada vena di belakang rahim. Sehingga aliran darah vena tidak lancar dan hemoroid membesar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya