Waspada! Ini 5 Tanda Awal Penyakit Mental Skizofrenia

Ilustrasi skizofrenia
Ilustrasi skizofrenia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Semakin hari, gaungan tentang mental illness atau kesehatan mental makin sering terdengar.  Orang - orang mulai terbuka dan aware akan hal tersebut. Salah satunya adalah penyakit mental Skizofernia. 

Skizofrenia adalah gangguan mental yang dapat memengaruhi tingkah laku, emosi, dan komunikasi. Penderita skizofrenia dapat mengalami halusinasi, delusi, kekacauan berpikir, dan perubahan perilaku.

Berdasarkan data dari WHO, ada lebih dari 20 juta orang di seluruh dunia menderita skizofrenia. Sementara, menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, dihimpun di tahun 2019, diperkirakan ada 450.000 Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ berat di Indonesia, termasuk skizofrenia.

Meski hingga kini belum ada hal pasti yang diketahui yang menyebabkan skizofrenia, namun biasanya penyebab skizofrenia adalah dari genetik, faktor lingkungan, dan ketidakseimbangan kimia otak. Pengobatan untuk penyakit mental ini, sampai saat ini belum ada yang dapat menyembuhkan hingga tuntas tetapi pengobatan rutin, seperti terapi hingga konsumsi obat dapat dilakukan untuk mengendalikan dan mengurangi gejala pada pasien.

Jika penderita skizofrenia parah, maka akan sangat kelihatan jika kejiwaannya terganggu dan biasanya akan disarankan untuk ke psikiater atau tenaga ahli. Namun, untuk penderita di awal penyakit, ada beberapa tanda awal yang dapat terlihat, berikut 5 tandanya : 

Delusi

Depresi Salah Satu Penyebab Bunuh Diri

Depresi Salah Satu Penyebab Bunuh Diri

Photo :
  • vstory
Halaman Selanjutnya
img_title