Ketahui Efek Samping Kolesterol Terlalu Tinggi

Kolesterol
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Kita membutuhkan kolesterol untuk kesehatan kita secara keseluruhan, tetapi terlalu banyak adalah hal yang buruk. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan utama dan disebut sebagai silent killer karena seringkali tidak ada tanda-tanda peringatan. 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Sementara kolesterol tinggi dapat diturunkan, pilihan gaya hidup seperti pola makan yang buruk, kurang olahraga dan merokok dapat meningkatkan risikonya. 

Dilansir dari laman eatthis, Dr. Bayo Curry-Winchell, Direktur Medis Perawatan Urgent dan Dokter, Carbon Health dan Rumah Sakit Saint Mary menjelaskan perbedaan antara kolesterol baik dan jahat dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Apa perbedaan kolesterol baik dan kolesterol jahat?

Kolesterol

Photo :
  • Times of India
5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Dr Curry-Winchell mengatakan, "Kolesterol 'baik' membantu melindungi organ vital seperti jantung Anda dari stroke atau serangan jantung dengan membawa kolesterol "jahat" yang tidak sehat ke hati. 

Proses ini pada akhirnya membantu menurunkan jumlah kolesterol (juga disebut sebagai plak) dari menetap di dalam dinding pembuluh darah Anda.Kolesterol "baik" sangat penting dalam membantu mengurangi risiko kejadian jantung."

Menurut Dr Curry-Winchell  penting untuk diingat bahwa hati Anda secara alami membuat cukup kolesterol untuk tubuh Anda. Kolesterol ekstra berasal dari makanan yang Anda makan. Jumlah berlebih disebut sebagai kolesterol 'jahat'. Kolesterol "ekstra" dapat menumpuk di dinding arteri Anda. 

Ini disebut sebagai aterosklerosis, pengurangan atau penyumbatan yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang berdampak pada aliran darah ke jantung."

Apa yang disebut kolesterol tinggi dan siapa yang berisiko?

Menurut Dr. Curry-Winchell, "Anda dianggap memiliki kolesterol tinggi jika kolesterol total Anda (termasuk LDL 'jahat' dan HDL 'baik') lebih dari 200. Tujuannya adalah untuk memiliki kurang dari 100 mg/dL kolesterol LDL 'jahat' dan lebih dari 40 mg/dL kolesterol HDL 'baik'."

Serangan jantung/stroke

Serangan jantung

Photo :
  • times of india

Dr. Curry-Winchell menjelaskan, "Serangan jantung atau stroke yang juga disebut sebagai infark miokard atau kecelakaan serebrovaskular dapat terjadi akibat kelebihan kolesterol di dalam arteri yang mengalami penurunan atau penyumbatan arteri untuk mengangkut darah ke jantung. Peristiwa jantung dari kolesterol tinggi bisa mengubah hidup."

Nyeri dada

"Saat kolesterol menumpuk di dalam pembuluh Anda, itu mengurangi jumlah darah yang diizinkan mengalir ke jantung Anda," kata Dr. Curry-Winchell. "Hal ini menyebabkan aliran darah yang kurang dan oksigen yang dikirim ke jantung yang pada akhirnya menyebabkan lebih banyak tekanan pada jantung dan rasa sakit di dada yang sering disebut sebagai angina."

Sakit perut

Ilustrasi sakit maag/sakit perut.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Dr Curry-Winchell menyatakan, "Terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkan batu empedu terbentuk. Rasa sakit yang terkait dengan sakit perut intermiten, mual, dan muntah."

"Penting untuk diketahui bahwa kolesterol tinggi bisa menjadi penyakit yang tidak berbahaya. " Dr. Curry-Winchell menekankan. "Anda mungkin tidak memiliki gejala apa pun. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki kolesterol tinggi adalah dengan melakukan pemeriksaan. Tes darah dan berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda akan memungkinkan Anda mengetahui risiko kejadian jantung."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya