Kasus Gangguan Tulang Belakang Terus Bertambah, Dokter Ungkap Sebabnya

Tulang belakang.
Sumber :
  • Pixaabay/pexels

VIVA Lifestyle – Kebanyakan orang hanya takut pada penyakit degeneratif, seperti diabetes, stroke, jantung, kanker, hipertensi, kolesterol, dan lain-lain. Ya, penyakit-penyakit tersebut memang berbahaya, namun menjaga kesehatan tulang belakang juga tidak kalah penting. 

Bukan Jadi Penyanyi Dangdut, Cita-cita Jirayut Ternyata Mendambakan Pekerjaan Ini

Consultant Orthopaedic & Spine Surgeon, DR Wong Chung Chek, mengungkapkan, kasus terkait tulang belakang, tiap tahun terus bertambah. Tak terkecuali dengan skoliosis. Lalu, apa penyebabnya? 

"Masalah tulang belakang penyebabnya adalah dari segi lifestyle, kurang olahraga. Satu dari lifestyle, kedua dari postur," ujarnya usai konferensi pers Grand Opening ALTY Orthopaedic Hospital di Double Tree Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, baru-baru ini. 

Buka Festival Permainan dan Olahraga Tradisional Jabar 2024, Herman: Asah Intuisi Anak

Sementara satu sebab lainnya adalah masalah genetik atau keturunan. Dokter Wong mengatakan, kemungkinan pasien lahir dengan masalah tulang belakang, bisa saja terjadi. 

Dr Norman Zainal SpOT. M. Kes. FICS, CCD menunjukkan area cedera tulang belakang

Photo :
  • Dok. tvOne
Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

"Tapi tidak kita sebut (sebagai penyebab), tapi yang utama adalah lifestyle kurang olahraga dan postur tubuh," terang dia. 

Lebih lanjut dokter yang berpraktik di RS ALTY Orthopaedic Malaysia itu menjelaskan, salah satu yang memengaruhi postur adalah cara kita duduk. 

"Biasanya kalo sakit tulang belakang yang lebih-lebih atau mengganggu, dari caranya duduk. Kalau duduk makin rendah (bungkuk), itu sebalik dengan lordosis. Kalau bungkuk kan malah tambah beban," jelas dia. 

"Jadi kalau di office kan memang sering duduk, itu saya sarankan kalo boleh berdiri, kan sekarang ada standing chair, itu memang yang paling sehat. Atau setelah 30 menit duduk bangun dulu, supaya gak kelamaan duduknya, itu juga satu cara," tambah dia. 

Sakit tulang belakang

Photo :

Oleh karena itu, untuk mencegah masalah pada tulang belakang, dokter Wong menyarankan untuk melakukan pencegahan sejak dini atau sedari muda. Salah satunya dengan memperbaiki postur duduk dan rutin berolahraga. 

Lalu, olahraga apa yang terbaik ya, Dok?

"Untuk tulang belakang, berjalan kaki adalah olahraga yang paling baik. Jadi yang penting, olahraga bukan hanya jantung dan paru-paru fit, tapi dari segi tulang belakang juga," pungkas DR Wong Chung Chek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya