5 Makanan Pemicu Haid, Mudah Ditemukan dan Harganya Terjangkau

Ilustrasi cokelat.
Sumber :
  • Pexels

VIVA Lifestyle – Seorang perempuan dapat mengalami siklus menstruasi atau haid yang tidak teratur. Padahal, haid adalah tanda vital kesehatan reproduksi. Lazimnya siklus menstruasi memakan waktu 28 hari. Namun keterlambatan 4-5 hari masih dianggap normal. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Siklus menstruasi yang tak teratur disebabkan oleh beberapa faktor seperti ketidakseimbangan hormon, kelebihan atau kekurangan berat badan, gaya hidup, stres, dan kurang gerak.

Ketidakaturan siklus haid bisa dibilang merupakan mimpi buruk bagi setiap perempuan. Situasi ini dapat mengakibatkan bertambahnya berat badan, rambut wajah (facial hair), perubahan suasana hati, kembung, dan nyeri payudara.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Ilustrasi telat haid.

Photo :
  • U-Report

Dilansir dari NDTV, cara paling efektif untuk mengatasi haid yang tidak teratur adalah dengan memperbaiki gaya hidup, menjaga berat badan, olahraga secara rutin, serta mengonsumsi makanan sehat.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Beberapa makanan diklaim mampu memicu haid datang sesuai waktu yang dijadwalkan. Tetapi perlu diingat, makanan di bawah ini hanya membantu saja, bukan obat atau terapi untuk haid yang tidak teratur. Alangkah lebih baiknya ketika mengalami ketidakaturan siklus haid secepatnya berkonsultasi kepada tenaga ahli.

Berikut 5 makanan yang dapat memicu haid sesuai yang dihimpun VIVA dari berbagai sumber.

Kurma

kurma.

Photo :
  • U-Report

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi kurma (direndam dalam susu atau lainnya) secara teratur dapat meringankan masalah yang dapat menghambat menstruasi. Hal ini disebabkan karena kurma mengandung zat besi, vitamin C, folat, serta berbagai mineral dan nutrisi penting lainnya.

Kunyit

Ilustrasi Kunyit.

Photo :
  • U-Report

Kunyit dinilai dapat meningkatkan produksi estrogen dan mengurangi kadar progesteron yang bisa membantu haid lebih teratur. Selain itu, kunyit memiliki efek antispasmodik yang dianggap bermanfaat bagi kesehatan menstruasi dan reproduksi.

Nanas

Buah nanas

Photo :
  • U-Report

Bromelain, enzim yang ditemukan dalam nanas dapat meluruhkan lapisan dinding rahim sehingga memicu siklus haid. Enzim ini juga bisa melemaskan otot sehingga membantu menenangkan kram ketika menstruasi. Buah berwarna kuning ini juga mempunyai kandungan mangan yang mampu memperlancarkan aliran darah selama haid.

Cokelat

Cokelat batangan.

Photo :
  • U-Report

Kandungan magnesium yang tinggi pada cokelat membantu rahim berfungsi dengan baik. Tak cuma itu, cokelat juga kaya akan vitamin serta mineral seperti tembaga, protein, dan zat besi yang memicu keluarnya haid.

Kopi

Kopi

Photo :
  • https://www.eatthis.com/

Kandungan kafein dalam kopi diklaim dapat merangsang estrogen yang menyebabkan menstruasi datang lebih awal. Kafein juga merupakan bahan kimia yang dikenal bisa menghilangkan rasa sakit saat haid. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya