Bahaya Makan Pisang di Musim Hujan? Cek Faktanya

Buah pisang
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA Lifestyle – Pisang menjadi buah yang banyak digemari berbagai kalangan usia. Tidak dapat disangkal, pisang adalah makanan praktis yang bisa dimakan dengan mudah saat bepergian.

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Tak cuma itu, buah berkulit kuning ini bahkan sering dijadikan bagian penting dari diet sehari-hari. Tetapi tahukah kamu ada beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan dengan buah yang sangat disukai ini. 

Dikutip laman Times of India, buah pisang diketahui kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan, tetapi tahukah kamu waktu yang tepat untuk memakan buah ini dan bolehkah kamu makan pisang selama musim hujan? Yuk simak faktanya dari penuturan sejumlah ahli tentang pisang. 

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Pisang dan musim hujan

Buah pisang

Photo :
  • Pixabay/stevepb

Waspada Leptospirosis di Musim Hujan dan Banjir: Kenali Gejalanya Segera!

Selama kita menunggu musim ini untuk istirahat dari panas terik, musim hujan juga membawa gelombang penyakit yang ditularkan melalui air dan udara, sehingga penting untuk menjaga pola makan serta selektif memilih makanan yang harus dikonsumsi. 

Jika kamu penggemar berat pisang dan selalu mengkonsumsinya secara teratur, maka kamu harus berhenti dan membaca ini! 

Menurut para ahli, makan pisang selama musim hujan benar-benar aman dan baik untuk tubuh dalam beberapa cara. Tetapi ketika kamu makan dan bagaimana kamu makan, itu bisa memberikan efek yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan kamu. 

Kenapa Harus Hati-hati Makan Buah Pisang? 

Buah pisang.

Photo :
  • U-Report

Dikemas dengan kebaikan asam amino, vitamin B6, C, serat, kalium, magnesium, dan mangan, makan buah yang satu ini setiap hari dapat memastikan tubuh sehat, meningkatkan kekebalan, dan juga membantu dalam meningkatkan fungsi otak, dan kesehatan kardiovaskular dan mengurangi risiko stroke. Namun, jika kamu makan pisang pada waktu yang salah atau memasangkannya dengan makanan tertentu, maka efeknya justru bisa membahayakan kesehatan. 

Menurut Ayurveda, pisang dapat dinikmati di musim apa pun, tetapi jika kamu makan pisang di malam hari, atau dengan perut kosong, itu mungkin memiliki efek buruk pada kesehatan kamu.

Kapan harus menghindari makan pisang?

Orang yang menderita gangguan pencernaan, batuk, atau asma harus menghindari makan pisang di malam hari karena dapat memperburuk Kapha dosha (gabungan tanah dan air) dan menyebabkan pembentukan lendir di tubuh, yang menyebabkan kelesuan dalam tubuh. Maka dari itu disarankan untuk makan pisang di siang hari agar tubuh mendapat cukup waktu untuk mencerna protein dan serat dalam buah ini.

Bolehkah makan pisang saat perut kosong?

Jika selama ini kamu mengonsumsi pisang sebagai buah favorit sebelum berolahraga, maka kamu harus berhenti dan memikirkan kembali. Hal ini karena makan pisang saat perut kosong dapat memperburuk refluks asam dan menyebabkan hyperacidity karena adanya vitamin C. Selain itu, adanya potasium dalam buah ini membuatnya berisiko bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Jadi, waktu terbaik untuk makan pisang adalah saat sarapan atau sebagai camilan di tengah makan.

?Kombinasi beracun di musim hujan

Buah Pisang - Photo by Syed Hussaini on Unsplash

Photo :
  • vstory

Mengkonsumsi pisang dengan susu atau makanan berbasis susu dianggap beracun menurut buku Ayurveda. Hal ini karena keduanya dapat melemahkan Agni Tatva dalam sistem pencernaan dan menyebabkan gangguan pencernaan, dan asam lambung karena produksi Ama (lendir). Ini juga dapat memperburuk Kapha dosha di dalam tubuh. Jadi selalu pastikan  makan pisang secara terpisah untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

Perlu diingat, selama musim hujan, tubuh rentan terhadap perubahan musim dan masalah umum seperti demam, pilek, batuk, flu, dan masalah pencernaan. Jadi, kombinasi makan yang salah atau makan pisang di waktu yang salah benar-benar dapat memengaruhi metabolisme dan kekebalan tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya