5 Tips Ampuh Tetap Sehat dan Cegah Penyakit Saat Musim Hujan Melanda

Ilustrasi musim hujan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Musim hujan yang hampir merata di beberapa wilayah Indonesia dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit. Mulai dari pilek, batuk, flu, alergi, hingga demam berdarah.

Penampilan Sekarang Beda Banget, Kiky Saputri dan Zsa Zsa Bongkar Rahasia Makin Glowing

Sebagaimana dilansir dari Nurture, Kamis, 29 Februari 2024. berikut beberapa tips untuk tetap sehat dan menghindari penyakit selama musim hujan.

1. Meningkatkan Konsumsi Cairan

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Ilustrasi rumah musim hujan

Photo :
  • pixabay

Dengan memastikan tubuh terhidrasi dengan baik, Anda dapat membantu membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri. Selain itu, asupan cairan yang cukup juga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit seperti batuk dan pilek.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Salah satu saran kesehatan selama musim hujan adalah memastikan air yang diminum aman dikonsumsi.

2. Jaga Diri Tetap Kering dan Tidak Kehujanan

Pada musim hujan menjaga diri Anda tetap kering dan bersih merupakan hal yang penting. Karena hal itu mencegah Anda dari penyakit seperti pilek, batuk, demam, atau flu.

Namun, jika Anda terlanjur kebasahan akibat kehujanan saat bepergian, disarankan agar Anda segera mandi sesudahnya, kondisi itu akan mengatur suhu tubuh Anda.

3. Konsumsi Multivitamin

Tingkatkan sistem kekebalan Anda untuk mempertahankan diri dari penyakit. Biasanya, dengan mengonsumsi makan makanan sehat dan meminum multivitamin dapat melengkapi kebutuhan Anda.

Suplemen yang dapat diminum antara lain vitamin C atau Seng, karena kedua kandungan itu dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mereka dikenal efektif melawan infeksi.

4. Cuci Tangan Teratur

Ilustrasi cuci tangan.

Photo :
  • Freepik/ededchechine

Mencuci tangan secara teratur akan mencegah masuknya ke dalam tubuh. Mencuci tangan secara teratur adalah langkah pertama untuk mencegah penyakit. Bakteri yang paling sering timbul dan ditularkan melalui air yaitu diare.

5. Lakukan Vaksin Anti Flu

Vaksinasi disarankan agar melakukan kegiatan ini. Sebab, cara ini dapat menjadi salah satu cara jitu ketika Anda menghadapi musim penghujan sehingga tubuh akan lebih terlindungi dan meminimalkan keluarga tertular dari penyakit tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya