Berkaca dari Sebastien Harrel, Makanan Ini Cegah Kanker Testis

Kanker testis.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sebastien Harrel harus meninggalkan sesi latihan lantaran terdiagnosa kanker testis. Meski jenis kanker ini mengintai pria usia muda, namun sebenarnya kanker testis dapat dicegah dengan makanan tertentu.

Usai Divonis Kanker Testis, Striker Borussia Dortmund Ini Siap Merumput

Diberitakan VIVA sebelumnya, penyerang anyar Borussia Dortmund, Sebastien Haller dikonfirmasi menderita penyakit kanker testis setelah terjatuh dalam sesi latihan pada Senin lalu, 18 Juli 2022.

Sebastien Haller didatangkan oleh Borussia Dortmund dari Ajax Amsterdam pada awal Juli dengan harga kesepakatan 31 juta poundsterling atau setara dengan Rp557 miliar.

Sebastien Haller Idap Kanker Testis, Dortmund Segera Cari Pengganti

Pemain asal pantai Gading tersebut mendapatkan kontrak selama empat musim.

"Striker Borussia Dortmund, Sebastien Haller harus meninggalkan tempat latihan lebih awal. Selain itu, ia langsung dipulangkan kembali ke Jerman untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut," tulis pernyataan Borussia Dortmund dilansir dari situs resmi.

7 Fakta Mengenai Tumor Testis yang Dialami Sebastian Heller

Bicara soal kanker testis, kanker ini dimulai saat sel mulai tumbuh di luar kendali pada organ tubuh tersebut. Testis terdiri dari banyak jenis sel, yang masing-masing dapat berkembang menjadi satu atau lebih jenis kanker.

Kanker testis.

Photo :
  • Times of India

Meski pengobatan pada kanker terdapat berbagai variasi dan memiliki efektivitas yang baik, namun langkah pencegahan akan lebih tepat dijalani.

Terlebih, ada cara bagi seseorang untuk mengurangi risiko terkena kanker testis. Apa itu?

Dikutip dari laman Express, mengonsumsi ikan dan minyak ikan dapat membantu menurunkan risiko pria terkena kanker testis. Ikan melindungi dan memperkuat melawan kanker dan juga melindungi jantung, otak dan sistem kekebalan tubuh.

Penyerang Borussia Dortmund, Sebastien Haller

Photo :
  • twitter.com/BVB

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasukkan beberapa porsi ikan dalam diet Anda setiap minggu dapat mengurangi risiko kanker.

Satu studi menunjukkan bahwa asupan ikan yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko kanker saluran pencernaan yang lebih rendah.

Ada pun jenis ikan berlemak mengandung nutrisi penting seperti vitamin D dan asam lemak omega-3 yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker.

ilustrasi testis

Photo :

Seseorang harus mencoba dan menargetkan dua porsi ikan berlemak per minggu untuk mendapatkan dosis asam lemak omega-3.

Mengonsumsi ikan dua porsi per minggu juga baik untuk memaksimalkan potensi manfaat kesehatan dari nutrisi ini. Jenis ikan terbaik untuk dimakan meliputi gindara, salmon, sarden, teri, kembung dan tenggiri.

Gejala dini kanker testis meliputi:

- Benjolan keras di bagian depan atau samping testis
- Perubahan ukuran bentuk testis
- Nyeri atau ketidaknyamanan pada testis
- Perbedaan yang tidak biasa antara testis
- Perasaan berat dan menyeret di skrotum

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya