Hanya Konsumsi Rempah Ini Membantu Mengelola Diabetes Tipe 2

Manfaat kayu manis
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Diabetes tipe 2 adalah kondisi kronis di mana pankreas tidak menghasilkan insulin yang cukup atau insulin yang dihasilkannya tidak diserap oleh sel. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Yang terakhir ini dikenal sebagai resistensi insulin. Disfungsi ini menyebabkan kadar gula darah tinggi karena peran utama insulin adalah mengatur kadar gula darah.

Untungnya, Anda dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan berpotensi membalikkan diabetes dengan membuat keputusan diet yang masuk akal. Kayu manis telah terbukti meningkatkan hasil yang diinginkan ini dalam berbagai penelitian.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Kayu manis adalah rempah-rempah manis tapi pedas yang berasal dari kulit bagian dalam cabang-cabang pohon kayu manis liar, yang tumbuh di daerah tropis di Asia Tenggara, Amerika Selatan dan Karibia.

Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu meningkatkan kadar glukosa darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

DIABETES

Photo :
  • U-Report

Diabetes.co.uk mengutip sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Majalah Penelitian Pertanian edisi Juli 2000, yang menemukan bahwa mengonsumsi "hanya 1 gram kayu manis per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengelola atau membalikkan diabetes tipe 2".

Badan kesehatan juga mengutip sebuah studi klinis yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care pada tahun 2003 yang menunjukkan bahwa kayu manis cassia (kulit kayu manis) meningkatkan kadar glukosa darah dan kolesterol pada orang dengan diabetes tipe 2, dan dapat mengurangi faktor risiko yang terkait dengan diabetes dan penyakit kardiovaskular.

kayu manis

Photo :
  • U-Report

Asupan harian hanya satu, tiga, atau enam gram terbukti mengurangi glukosa serum, trigliserida, LDL atau kolesterol jahat dan kolesterol total setelah 40 hari di antara 60 penderita diabetes paruh baya.

Selain itu, analisis yang lebih baru yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa 6 gram kayu manis memperlambat pengosongan perut dan secara signifikan mengurangi hiperglikemia (gula darah tinggi) setelah makan tanpa mempengaruhi rasa kenyang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya