Konsumsi Dua Cangkir Kopi Cegah Hipertensi

Ilustrasi secangkir kopi.
Ilustrasi secangkir kopi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle Kopi menjadi salah satu minuman yang telah dinikmati sejak zaman nenek moyang dan terus berlanjut hingga saat ini. Mereka yang mengonsumsi kopi pun dari berbagai kalangan dan usia untuk sekadar menikmatinya di pagi atau sore hari.

Tren kopi masih kian diminati, baik itu oleh kaum urban atau usia lanjut. Menikmati kopi rasa-rasanya sudah menjadi rutinitas sebagian besar masyarakat sebagai jeda di tengah aktivitas keseharian. 

Terlebih, fakta menunjukkan bahwa konsumsi kopi bisa mencegah munculnya tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Minum kopi

Minum kopi

Photo :
  • vstory

"Dengan dosis cukup, 2-3 cup kopi, justru menguatkan jantung dan jadi antioksidan sehingga mencegah hipertensi," ujar dokter spesialis penyakit dalam, dr. Rudi Rafisa, dalam acara Hidup Sehat, TvOne, Rabu 3 Agustus 2022.

Dokter Rudi menepis bahwa meminum kopi dalam jumlah cukup bisa berefek pada darah tinggi. Menurutnya, anggapan tersebut berkaitan dengan dampak usai meminum kopi dengan meningkatkan denyut jantung dari kandungan kafeinnya.

"Ada efek naikan denyut jantung karena kandungan kafeinnya mempunyai efek memacu jantung sehingga bisa menaikkan tensi. Tapi semua tergantung dosis. Kalau 2 cup sehari, justru cegah demensia, tekanan darah tinggi, dan kanker. Lakukan dengan rutin," tuturnya.