Tingkat Kematian Cacar Monyet Capai 16 Persen, IDI Beberkan Gejalanya

Gambar virus cacar monyet lewat miskroskop
Sumber :
  • Cynthia S. Goldsmith, Russell Regner/CDC via AP

VIVA Lifestyle – Penyakit cacar monyet kini telah menjadi darurat kesehatan global sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau masyarakat untuk waspada akan penyebarannya.

11 Warga Jakarta Barat Terpapar Cacar Monyet

Hingga saat ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia memang belum menyatakan adanya kasus konfirmasi cacar monyet. Namun, masyarakat tetap diimbau untuk tetap waspada dan memahami gejala hingga cara menghindarinya.

Ketua Satgas Monkeypox PB IDI dr. Hanny Nilasari, SpKK, kembali mengingatkan bahwa penyakit menular tersebut cukup berbahaya hingga berujung pada kematian. Dalam acara media interview yang dilaksanakan secara daring, dr Hanny menyebutkan bahwa tingkat kematian akibat cacar monyet berkisar antara 0-16 persen.

KALEIDOSKOP 2023: Perjalanan Kasus Cacar Monyet di Indonesia

Mengutip dari jurnal epidemologi tentang cacar monyet yang terbit pada 2017, dr. Hanny menjelaskan bahwa ketika virus tersebut menjalar ke seluruh tubuh, maka akan besar kemungkinannya untuk terjadi komplikasi yang berujung pada kematian seperti Bronkopneumonia hingga infeksi pada otak.

Monkeypox atau cacar monyet

Photo :
  • crosstimbersgazette
411 People Have Vaccinated with Second Monkeypox Vaccine

"Tergantung komplikasi ada di mana. Kalau komplikasi ada di otak atau terjadi sepsis tentu angka kematian akan lebih tinggi," jelas dr. Hanny.

Cacar monyet dapat menular melalui kontak fisik secara langsung oleh penderita. Virusnya ditransfer melalui cairan yang terdapat dalam ruam pada tubuh penderita.

Gejala awal penyakit cacar monyet ditandai dengan kondisi tubuh yang kurang fit hingga demam. Biasanya, demam sebagai gejala cacar monyet akan berlangsung selama 1-5 hari sebelum ruam muncul. Kemudian diperkuat dengan munculnya bercak merah pada permukaan kulit yang berisi cairan.

Cairan dalam bercak merah yang timbul di permukaan kulit bisa diambil sampelnya untuk pemeriksaan lab dan didiagnosa. Hanny juga mengingatkan masyarakat untuk segera mendapatkan penanganan profesional jika mengalami gejala-gejala yang mengarah pada cacar monyet.

“Namun sebaiknya masyarakat tidak mendiagnosis sendiri atau memperkirakan tanpa adanya pemeriksaan yang jelas,” saran dia. 

Umumnya, penyakit cacar monyet akan sembuh dalam waktu 2 sampai 4 minggu. Imunitas tubuh juga dapat berpengaruh pada tingkat dan proses penyembuhan. Sementara itu, bekas pada kulit akibat ruam cacar monyet juga bisa hilang dalam beberapa waktu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya