Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol, Ini 12 Manfaat Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh atau belimbing sayur
Belimbing Wuluh atau belimbing sayur
Sumber :
  • Dokumentasi Ayo Hidup Sehat tvOne

VIVA Lifestyle – Belimbing wuluh yang memiliki nama ilmiah Averrhoa bilimbi L, sudah sangat populer di setiap kalangan. Bahkan sering digunakan sebagai belimbing sayur, karena tekstur renyahnya, juga cita rasa asam yang khas. Meski populer di dunia kuliner, tapi tak banyak yang tahu manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan.

Kandungan utama di dalam belimbing wuluh seperti Vitamin C, Zat Besi, Vitamin B2, Vitamin B3, dan Fosfor, juga antioksidan dan efek astringen dari rasa asamnya yang tinggi. Ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah, lalu apa saja manfaat dari berlimbing Wuluh? Simak ulasan VIVA yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Olahraga

Olahraga

Photo :
  • times of india

Vitamin C yang terkandung di dalam belimbing wuluh berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, vitamin ini juga dapat diketahui membentuk kolagen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka.

2. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Penderita gula darah tinggi

Penderita gula darah tinggi

Photo :
  • U-Report

Sebagian besar orang memiliki risiko tekanan darah tinggi, khususnya orang dewasa. Gangguan ini bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti stroke, bahkan bisa mengancam nyawa.

Tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasi tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi belimbing wuluh. Caranya, siapkan 2-3 buah belimbing wuluh dan potong menjadi dua bagian, kemudian rebus dengan tiga gelas air putih.

Tunggu airnya mendidih hingga menyisakan satu gelas, lalu minum rebusan air tersebut dalam kondisi hangat. lakukan cara ini setiap pagi hingga tekanan darah kembali normal.

3. Mengobati Diabetes

Ilustrasi diabetes.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Menurut NCBI, belimbing wuluh terbukti ampuh mengobati diabetes atau kadar gula dalam darah tinggi. Caranya, kamu bisa membuat jus belimbing wuluh selepas makan. Jika tak kuat dengan rasa asamnya, Anda bisa meminum air rebusan belimbing wuluh dua kali sehari.

4. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

menghilangkan noda nikotin pada gigi

menghilangkan noda nikotin pada gigi

Photo :
  • U-Report

Gigi dan tulang akan semakin lemah seiring bertambahnya usianya. Anda bisa mengonsumsi belimbing wuluh untuk dijadikan alternatif asupan kalsium bagi kekuatan tulang dan gigi.

kandungan kalsium dalam belimbing wuluh terbilang cukup tinggi. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan fosfor untuk meningkatkan efektivitas mineral yang akan menambah kepadatan dan kekuatan pada gigi dan tulang.

5. Membantu Mengobati Batuk, Pilek, dan Demam

Ilustrasi sakit/demam.

Ilustrasi sakit/demam.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Beberapa orang tentu pernah mengalami sakit seperti batuk, pilek dan demam. Anda bisa mengonsumsi rebusan buah belimbing wuluh untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan tersebut. Sebab, buah ini kaya vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskuler

Ilustrasi serangan jantung/stroke.

Ilustrasi serangan jantung/stroke.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Belimbing wuluh mengandung aktivitas antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan ini sangat diperlukan dalam tubuh untuk menangkal efek radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler dan stroke.

7. Mengurangi Terkena Penyakit Kanker

Gejala kanker paru-paru

Gejala kanker paru-paru

Photo :
  • times of india

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa belimbing wuluh bermanfaat untuk mencegah risiko terkena penyakit kanker. Hal ini terjadi berkat kandungan antioksidan flavonoid dan saponin di dalam belimbing wuluh yang dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Selain itu belimbing wuluh juga sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk, nyeri sendi, dan tekanan darah tinggi.

8. Obat Sariawan

Sariawan

Sariawan

Photo :
  • Times of India

Sariawan adalah satu penyakit yang cukup menganggu dan membuat penderitanya tidak nyaman. Sariawan muncul saat tubuh kekurangan nutrisi, area mulut tergigit, infeksi jamur, virus, atau bakteri.

Belimbing wuluh kaya akan vitamin C yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan bisa menyembuhkan sariawan. Anda bisa mengonsumsi buah belimbing wuluh segar saat menderita sariawan. Saat sudah sembuh, ada baiknya kamu tetap mengonsumsi belimbing wuluh setiap hari untuk mencegah sariawan datang kembali.

9. Ampuh Membasmi Jerawat

Ilustrasi jerawat/kulit kering berjerawat.

Ilustrasi jerawat/kulit kering berjerawat.

Photo :
  • Freepik

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang bisa menurunkan harga diri seseorang dalam berpenampilan. Ketika timbul jerawat, biasanya orang langsung melakukan berbagai cara untuk membasminya.

Kamu bisa menggunakan belimbing wuluh untuk dijadikan obat jerawat secara alami dan aman tanpa efek samping. Buah ini mengandung asam oksalat yang bermanfaat mengurangi jerawat.

Caranya, bersihkan belimbing wuluh terlebih dahulu. Jika sudah bersih, haluskan atau blender buahnya untuk dijadikan masker wajah. Diamkan beberapa menit hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih.

10. Mencerahkan Wajah

Perawatan kulit berjerawat.

Perawatan kulit berjerawat.

Photo :
  • U-Report

Selain jerawat kulit kusam juga bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri. Anda bisa mengatasinya dengan memakai masker belimbing wuluh.

Kandungan vitamin C dalam belimbing wuluh mampu membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan bersinar. Selain itu, buah ini juga bisa mengurangi flek hitam dan menjaga kulit tetap kencang.

11. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol

Kolesterol

Photo :
  • express

Kolesterol tinggi bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Kadar kolesterol meningkat dipicu oleh sejumlah faktor seperti terlalu banyak konsumsi makanan berlemak, tidak teratur, dan obesitas. Mengutip dari buku berjudul Care Yourself, Kolesterol, belimbing wuluh bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Universitas Widman, Surabaya. Penelitian tersebut menggunakan objek kelinci jantan. Hasilnya, air rebusan belimbing wuluh mampu menurunkan kadar kolesterol pada kelinci jantan.

Tidak heran, belimbing wuluh mengandung saponin yang berperan menurunkan penyerapan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, Kalium dalam belimbing wuluh berperan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

12. Bikin Awet Muda

Ilustrasi awet muda.

Ilustrasi awet muda.

Photo :
  • U-Report

Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam buah belimbing bersifat sebagai antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas penyebab penuaan dini. Kandungan mineral dan nutrisi lainnya dalam buah ini juga bermanfaat untuk mengurangi garis halus atau kerutan pada wajah, sehingga kulit akan terlihat lebih awet muda.

Nah, itu deretan manfaat dari belimbing Wuluh yang dapat Viva berikan. Bagaimana? Kamu sudah coba mengkonsumsi belimbing ini? Kalau belum coba sekarang dan rasakan manfaatnya.