Studi: Jalan Kaki Setelah Makan Membantu Kelola Diabetes 

Ilustrasi jalan kaki.
Ilustrasi jalan kaki.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Manfaat jalan kaki tidak perlu dipertanyakan lagi. Pentingnya berjalan kaki telah diturunkan dari generasi ke generasi. 

Sebuah studi penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine membandingkan efek duduk dan berdiri/berjalan terhadap kesehatan jantung, insulin, dan kadar gula darah dan membantu mengelola diabetes.

"Interupsi singkat yang sering terjadi saat berdiri secara signifikan melemahkan glukosa postprandial dibandingkan dengan duduk lama; namun, berjalan dengan intensitas ringan ditemukan mewakili istirahat aktivitas fisik yang unggul," studi tersebut menemukan, yang dilansir dari Times of India.

 DIABETES

DIABETES

Photo :
  • U-Report

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak menyebabkan hasil kesehatan yang buruk

Perilaku menetap seperti duduk lama kemungkinan besar menjadi kebiasaan dan dikaitkan dengan hasil kesehatan yang buruk, kata laporan penelitian dan mendefinisikannya sebagai perilaku bangun yang menghabiskan kurang dari 1,5 tugas setara metabolik saat duduk, berbaring atau hanya tinggal di postur berbaring.

Serangan duduk lama berhubungan buruk dengan glukosa 2 jam, triasilgliserol dan kolesterol high-density lipoprotein (HDL) sehingga memiliki efek negatif pada kesehatan kardiometabolik.

"Setiap gangguan untuk duduk lama dapat disebut sebagai istirahat menetap," kata laporan itu. Frekuensi istirahat menetap secara langsung terkait dengan penanda kesehatan metabolik seperti glukosa plasma 2 jam, trigliserida, dan ukuran adipositas.

Sesuai penelitian lain, yang telah dikutip dalam penelitian ini, rata-rata sepuluh istirahat tambahan per hari terbukti bermanfaat terkait dengan tekanan darah sistolik (SBP), kolesterol HDL, insulin, glukosa, trigliserida, dan lingkar pinggang.

Apa yang ditemukan oleh studi tersebut?

Berdiri untuk waktu yang singkat daripada duduk lama memiliki efek negatif pada glukosa postprandial. Juga ditemukan bahwa jalan kaki ringan mengurangi efek glukosa dan insulin.

"Serangan singkat intermiten berdiri dibandingkan dengan duduk lama secara signifikan mengurangi glukosa postprandial dalam pengaturan akut 1 hari tetapi tidak menunjukkan efek yang signifikan pada insulin postprandial dan SBP. Berjalan intensitas ringan menunjukkan pelemahan glukosa dan insulin yang lebih besar dibandingkan dengan gangguan berdiri dan berjalan lama. duduk," kata penelitian tersebut.

Mengapa studi ini bermanfaat?

Jalan kaki.

Jalan kaki.

Photo :
  • U-Report

Jalan-jalan kecil adalah solusi mengapa banyak pemegang pekerjaan tidak memilih untuk berolahraga. Jika Anda bertanya kepada mereka alasan kebanyakan dari mereka akan mengatakan "itu memakan waktu", "itu membuat Anda lelah", "fakta bahwa latihan harus dilakukan hanya di pagi hari membuat kita tidak memiliki ruang lingkup".

Temuan penelitian ini adalah nafas bagi orang-orang yang meskipun memiliki komplikasi seperti diabetes tidak dapat memberikan waktu untuk aktivitas fisik dengan semua keyakinan salah yang disebutkan di atas.

Aidan Buffey, seorang mahasiswa pascasarjana di University of Limerick di Irlandia dan seorang penulis makalah, melihat jalan-jalan kak lebih praktis selama hari kerja. 

"Orang-orang tidak akan bangun dan berlari di atas treadmill atau berlari di sekitar kantor, tetapi mereka bisa mendapatkan kopi atau bahkan berjalan-jalan di lorong," katanya kepada New York Times.