Tanda Gula Darah Tinggi di Tubuh Muncul Saat Makan, Waspada Diabetes!

Ilustrasi tes diabetes.
Ilustrasi tes diabetes.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Diabetes adalah kondisi seumur hidup di mana kadar gula darah Anda menjadi tinggi. Membiarkan gula darah tidak ditangani bisa memicu masalah kesehatan yang berbahaya, mulai dari penyakit jantung hingga kerusakan saraf.

Namun, diabetes tidak mudah untuk disadari tanpa mengetahui apa yang harus diwaspadai. Banyak pasien menderita kondisi ini selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya. Berikut adalah gejala-gejala yang bisa membantu Anda mengidentifikasinya.

Ilustrasi diabetes.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Meski bisa memicu berbagai kondisi penyakit mengkhawatirkan lainnya, untungnya diabetes bisa dikendalikan dengan modifikasi gaya hidup atau pengobatan saat Anda mendapat konfirmasi diagnosisnya.

Dikutip dari laman Express.co.uk, badan kesehatan nasional Inggris, NHS menjelaskan bahwa tanda peringatan awal diabetes bisa cukup umum, jadi mungkin akan membantu jika menyadarinya.

Salah satu gejala umum diabetes bisa muncul saat Anda makan atau saat siang hari. Diabetes UK menjelaskan, gejala ini adalah rasa lapar yang meningkat.

Ilustrasi makan

Ilustrasi makan

Photo :
  • Eat This

Tanda peringatan ini juga merujuk pada polyphagia dalam istilah medis. Alasan kenapa gejala ini muncul adalah karena kadar gula darah yang tinggi.

Saat kadar gula Anda tetap tinggi secara tidak normal di dalam darah, gula ini bisa masuk ke dalam sel dan diubah menjadi energi.

Ilustrasi suntik insulin/diabetes.

Ilustrasi suntik insulin/diabetes.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Ini terjadi karena masalah dengan produksi insulin, jelas Diabetes.co.uk. Saat Anda memiliki diabetes, tubuh Anda bisa tidak memproduksi insulin, atau insulin tidak efektif atau tidak cukup insulin.

Sehingga, ketika gula darah terjebak dan kadar energi Anda rendah, tubuh Anda mengelabui Anda menjadi merasa lebih lapar.

Sayangnya, Anda tidak bisa memperbaikinya dengan mudah dalam bentuk makan camilan untuk mengatasi lapar ini. Makan lebih banyak makanan hanya akan menambah kadar gula darah yang sudah tinggi.

Ilustrasi diabetes.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Lembaga kesehatan itu merekomendasikan untuk mencoba olahraga untuk membantu menurunkan kadar gula yang meningkat ini.  Tapi, jika lapar masih ada, mungkin akan lebih baik mengkonsultasikannya ke dokter.

Rasa lapar yang bertambah bukan satu-satunya gejala dari kondisi gula darah, gejala lainnya meliputi:

Ilustrasi diabetes.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • U-Report

- Merasa sangat haus
- Buang air kecil lebih sering dari biasanya (terutama di malam hari)
- Merasa sangat lelah
- Penurunan berat badan dan massa otot
- Gatal di sekitar penis atau vagina, atau sering terjadi sariawan
- Luka atau goresan yang lama sembuh
- Pandangan mata kabur

Diabetes UK menekankan bahwa Anda harus menghubungi dokter jika merasakan gejala tersebut. NHS menambahkan, meski beberapa orang bisa hidup dengan diabetes selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya, gejala-gejala bisa berkembang dengan cepat dalam hitungan minggu atau hari.