Sering Alami Asam Lambung, Chef Marinka Jalani Diet Bebas Gluten

Chef Marinka.
Sumber :
  • Instagram @rinrinmarinka

VIVA Lifestyle Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan sebuah kondisi ketika asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan (refluks asam). 

Terungkap Kondisi Melitha Sidabutar Sebelum Meninggal: Lemas dan Derita Asam Lambung

Prevalensi penyakit ini di negara-negara Asia termasuk Indonesia memang cenderung lebih rendah jika dibandingkan negara di Eropa dan Amerika. Namun demikian, selama beberapa tahun terakhir prevalensi GERD di Asia terus meningkat.

Dengan begitu, asam lambung menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap diderita banyak orang. Siapa sangka, Chef Marinka juga mengaku dirinya sering mengalami masalah asam lambung. 

5 Makanan ini Sebaiknya Jangan Dikonsumsi saat Perut Kosong

Chef cantik yang sempat menjadi juri Masterchef Indonesia ini akhirnya menjadi cukup picky untuk memilih bahan dasar makanannya sehari-hari. 

Chef Marinka.

Photo :
  • Instagram @rinrinmarinka
Ini 5 Manfaat Puasa untuk Penderita GERD

"Memilih bahan makanan yang lebih ringan untuk dicerna dan tidak membuat lambung mudah teriritasi adalah kunci," kata perempuan kelahiran 22 Maret 1980 tersebut, dalam keterangannya, Sabtu 14 Agustus 2022. 

Chef yang memiliki nama lengkap Maria Irene Susanto ini mengatakan, untuk memilih bahan makanan alami sebagai konsumsi harian, ia mengganti tepung biasa menjadi tepung bebas gluten

Gluten sendiri merupakan protein yang terkandung di dalam gandum atau terigu, di mana apabila dikonsumsi terlalu berlebihan dapat mengiritasi lambung. Dengan begitu, Chef Marinka saat ini berusaha untuk menghindari konsumsi gluten.

"Sekarang sebenernya ini cukup gampang buat nemuin tepung ataupun bahan makanan yang bebas gluten. Misalnya untuk tepung, itu aku ganti sama tepung Mocaf yang dibuat dari singkong,” ujarnya. 

Ilustrasi tepung bebas gluten.

Photo :
  • Pixabay.

Chef Marinka juga mengatakan, ia gemar menggunakan tepung Mocaf bebas gluten, salah satunya produk lokal dari Ladang Lima. Menurutnya, tepung Mocaf dari Ladang Lima tak hanya bebas gluten, tapi juga kaya serat, low glikemiks index, mengandung zat besi dan kalsium, serta tanpa proses pemutihan, sehingga aman dikonsumsi tubuh. 

"Tepung Mocaf Ladang Lima juga rendah GI sehingga sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes yang ingin membuat atau merasakan makanan lezat tanpa perlu khawatir. Karena kandungan yang sangat menyehatkan bagi tubuh," jelasnya. 

Chef Marinka juga memberikan tantangan kepada peserta Master Chef Junior di babak 3 besar untuk mencoba membuat Gluten Free Hummingbird Cake dari tepung Mocaf. 

"Tepung ini merupakan tepung gluten free, terbuat dari singkong yang difermentasi jadi sangat cocok untuk membuat kue,” ungkap Chef Marinka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya