Bukan Daging, Ini Makanan Tepat Redam Kolesterol Tinggi

Kacang polong.
Kacang polong.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Kolesterol tinggi menjadi masalah yang dialami oleh banyak kalangan saat ini tanpa mengenal usia sehingga generasi muda pun sudah mengidapnya. Di sisi lain, pola makan yang tak dijaga ketat membuat kadar kolesterol kian parah hingga menimbulkan efek berbahaya pada tubuh. 

Salah satu yang cukup krusial adalah sumber protein. Mendapatkan cukup protein dalam diet harian sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, dan untungnya ada banyak makanan berprotein tinggi di luar sana untuk dipilih.

Tetapi bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi, atau sedang mencoba untuk memantau kadar kolesterol mereka, menemukan sumber protein yang tepat dapat menambah tantangan ekstra.

Protein hewani seperti daging merah dan daging olahan (sosis, hot dog, dan sebagainya) biasanya lebih tinggi lemak jenuhnya. Ini biasanya dikaitkan dengan kolesterol LDL yang lebih tinggi (jenis yang buruk) dan kolesterol HDL yang lebih rendah (jenis yang baik). 

Kolesterol

Kolesterol

Photo :
  • Times of India

Tetapi jika orang menghindari daging ini dari makanan mereka untuk mengelola kolesterol dan tidak menggantinya dengan protein lain, mereka berisiko tidak mendapatkan cukup protein dalam makanannya.

Untuk menemukan protein yang lebih baik untuk kesehatan jantung Lauren Manaker, MS, RDN, penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook and Fueling Male Fertility, memberikan beberapa saran. Berikut adalah protein terbaik untuk menurunkan kolesterol, dikutip dari laman Eat This.

Kacang polong

Jika Anda mencari sumber protein yang tidak tinggi lemak tetapi tetap membuat perut merasa kenyang, kacang adalah salah satu pilihan termudah dan paling serbaguna. Kacang adalah sumber protein nabati dan memakannya terkait dengan pengurangan kolesterol. 

"Serat larut yang secara alami ditemukan dalam kacang adalah salah satu alasan mengapa mengonsumsi sumber protein ini sangat ideal bagi mereka yang mencoba menurunkan kolesterol mereka," kata Manaker.

Kenari

Kacang kenari.

Kacang kenari.

Photo :
  • U-Report

Baik Anda mengambil segenggam untuk camilan sore hari atau melengkapi oatmeal Anda dengan sedikit, kenari adalah sumber protein yang baik untuk jantung sehat. Data menunjukkan bahwa orang yang makan sekitar setengah cangkir kenari setiap hari selama dua tahun secara sederhana menurunkan kadar kolesterol LDL, atau 'buruk' mereka

"Kenari adalah satu-satunya kacang pohon yang merupakan sumber asam alfa-linolenat (ALA) yang sangat baik, asam lemak esensial omega-3 nabati," kata Manaker, 

Biji-bijian utuh

Ada penelitian yang mengaitkan konsumsi karbohidrat olahan dan gula tambahan dengan kolesterol yang lebih tinggi, tetapi biji-bijian adalah pilihan karbohidrat yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol karena kandungan serat dan nutrisinya.

"Biji-bijian utuh, seperti quinoa, secara alami mengandung protein bersama dengan serat, karbohidrat, dan antioksidan," kata Manaker, "dan makan quinoa telah terbukti mengurangi kolesterol LDL serta respons glukosa seseorang."

Kacang-kacangan

Kacang lentil.

Kacang lentil.

Photo :
  • U-Report

Dan terakhir, jika Anda mencari makanan yang mudah dan lezat untuk ditambahkan ke makan malam Anda, cobalah porsi kacang yang sehat. Kacang adalah sumber protein nabati yang penuh dengan antioksidan dan serat.

"Data menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan, seperti lentil, dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL (jahat)," katanya.