5 Manfaat Susu Oat untuk Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah

Susu oat atau oat milk
Susu oat atau oat milk
Sumber :
  • cityspidey

VIVA Lifestyle – Susu nabati atau oat milk telah menjadi alternatif yang layak untuk susu susu selama beberapa generasi. Kedelai, almond, beras, dan santan adalah pengganti susu yang populer. Di antaranya, susu Oat menjadi alternatif vegan yang populer karena rasanya yang enak dan manfaat kesehatannya.

Susu oat terbuat dari potongan oat yang sudah dipotong baja dan sudah direndam sebelumnya. Oat memiliki serat dan protein, tetapi susu mengandung mineral dan makronutrien tertentu. 

Oat menyerap air dengan baik, sehingga lebih banyak zat gizi makro dan mikro melewati kain, memberikan susu bebas susu yang lembut dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa manfaat susu oat dikutip dari cityspidey.

Tinggi serat

Oat milk atau susu oat

Oat milk atau susu oat

Photo :
  • everydayhealth

Susu oat adalah pilihan yang bagus untuk meningkatkan serat dalam makanan Anda untuk usus dan sistem pencernaan yang lebih sehat karena memiliki jumlah serat makanan dua kali lipat dari susu sapi. 

Secara khusus, beta globulin, serat larut, meningkatkan kapasitas tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri secara alami, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan dapat mencegah infeksi dengan konsumsi yang sering.

Tinggi vitamin

Susu oat mengandung unsur B tiamin dan folat, yang membantu sel darah merah berfungsi normal dan pencernaan karbohidrat untuk energi (folat).

Mengganti lemak tak jenuh dengan lemak jenuh

Ini adalah salah satu produk susu vegan yang luar biasa, termasuk hanya 2,5g lemak total per porsi dan nol lemak jenuh. Susu murni mengandung sekitar 8 gram kolesterol dan 5 gram kolesterol makanan per hari. 

Susu oat sangat rendah kalori dan ideal untuk individu yang mengontrol diet mereka untuk pelatihan dan kebutuhan nutrisi mereka karena setiap porsi hanya mengandung sedikit lemak.

Bebas Kolesterol

Ilustrasi kolesterol tinggi.

Ilustrasi kolesterol tinggi.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Susu oat adalah produk bebas susu tanpa kolesterol. Konsumsi secara teratur bahkan dapat membantu menurunkan kadar lemak jenuh yang buruk. 

Kolesterol tinggi mendorong akumulasi LDL, atau lipoprotein densitas rendah, di arteri, yang menyebabkan aterosklerosis, suatu kondisi yang mendahului penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, dengan mengganti susu oat dengan satu porsi susu konvensional, Anda mengurangi 24 mg kolesterol setiap hari.

Mengontrol kadar gula darah

Beta-glukan, serat larut, memperlambat pencernaan glukosa di usus, melepaskan gula ke dalam darah yang bersirkulasi secara lebih bertahap dan mantap. Dengan demikian, ini adalah pilihan sehat bagi penderita diabetes tipe 2 yang ingin membantu mengontrol gula darah mereka.

Djournal Coffee bersama dengan Swara Gembira, komunitas gerakan generasi muda, meluncurkan tujuh varian minuman baru Nusa Rasa Oat Series. Terdiri dari 6 varian Kopi Susu dan 1 minuman coklat khas Sumba, Nusa Rasa Oat Series terinspirasi dari keragaman wastra atau kain Indonesia, khususnya corak kain Nusantara yang memadukan warna ungu, hijau, cokelat, dan putih sebagai corak warna utamanya.

"Saat ini masyarakat kan sudah mengarah ke gaya hidup lebih sehat. Karena itu kami membuat varian rasa campuran oat milk dan kopi serta ada juga oat milk dan cokelat," kata Rena Andriyani, Assistant Marketing Manager Djournal Coffee, Selasa 16 Agustus 2022. 

Adapun tujuh varian minuman baru Nusa Rasa Oat Series, adalah kayu manis shaken oat, klepon oat machiato, sari kaya oat latte, batavia oat expresso, ubi ungu oat latte, kakao oat milk dan pandan batavia oat latte. 

"Lewat Nusa Rasa Oat Series, kami menginterpretasikan keindahan warna-warni kain Nusantara. Ubi Ungu Oat Latte misalnya, merupakan perpaduan biji kopi lokal dengan cita rasa ubi ungu sehingga menciptakan warna natural yang mirip dengan kain Mega Mendung asal Cirebon. Menggunakan 100% biji kopi Indonesia, dengan kombinasi 70% Toraja dan 30% Mandailing, Nusa Rasa hadir dengan ragam rasa yang siap memanjakan palet rasa kita," kata Sendy Djaja, Research & Development Manager Djournal Coffee.