Viral Mahasiswa Diusir Dosen Mengaku Non Biner, Apa itu Non Biner?

Ilustrasi gender atau jenis kelamin.
Sumber :
  • Pixabay/3dman_eu

VIVA Lifestyle – Pengguna media sosial, tengah dihebohkan dengan video mahasiswa salah satu Universitas Negeri di Makassar yang dikeluarkan oleh dosen saat proses pengenalan kampus. Hal ini menyusul dengan pengakuannya tentang non biner atau non binary.

Pendukung Israel Provokasi Mahasiswa Pro Palestina di Universitas California

Insiden ini bermula saat seorang mahasiswa baru yang mengenakan kacamata itu dipanggil maju ke depan. Dia kemudian ditanyai oleh dosen tersebut mengenai jenis kelaminnya.

Mahasiswa berinisial NA itu kemudian menjawab bahwa dirinya adalah non biner atau non binary. Jawaban mahasiswa itu bahwa dirinya adalah non biner atau non binary tidak diterima oleh dosen itu.

Asyik Pesta Miras dan Ganja, 5 Mahasiswa di Papua Diciduk Polisi

Dosen tersebut mengungkap hanya ada dua jenis kelamin yakni pria atau wanita. Dosen tersebut kemudian meminta panitia untuk mengeluarkan mahasiswa itu dari ruangan.

Ilustrasi Gender.

Photo :
  • cbc.ca
Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Viralnya video tersebut membuat para netizen bertanya-tanya mengenai apa itu non biner atau non binary. Lantas apa itu non biner atau non binary?

Melansir laman Medical News Today, non biner atau non binary adalah istilah yang menggambarkan seseorang yang tidak mengidentifikasi secara eksklusif sebagai pria atau wanita.

Sebaliknya, orang non biner atau non binary dapat menentukan identitas dan pengalaman gender mereka di luar istilah biner ini.

Istilah non biner atau non binary dapat menggambarkan beberapa konsep yang berbeda, dan orang sering menggunakannya secara bergantian dengan istilah seperti agender, androgini, dan genderqueer. Ini dapat membuat kebingungan tentang apa arti istilah-istilah ini dan bagaimana seseorang dapat menggunakannya.

Viral Mahasiswa Baru Unhas Diusir Dosen Usai Mengaku Gender Netral

Photo :
  • Instagram@tante.rempoong_official

Beberapa orang mungkin tidak dapat mengkonseptualisasikan identitas gender mereka dalam istilah biner.

Namun, mereka mungkin masih memiliki perasaan yang kuat tentang jenis kelamin mereka tanpa mengidentifikasi sebagai pria atau wanita.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa konsep non biner berakar pada gagasan bahwa identitas gender berada pada spektrum daripada menjadi oposisi biner. Orang mungkin mengidentifikasi di seberang, atau bahkan di luar, spektrum ini.

Orang non biner atau non binary mungkin merasa bahwa identitas dan pengalaman gender mereka mencakup aspek biner atau tidak sama sekali. Beberapa orang mungkin juga melihat identitas dan pengalaman mereka sebagai cairan, atau selalu berubah.

Visibilitas sosial identitas non biner meningkat. Namun, banyak orang tidak sepenuhnya memahami apa artinya menjadi non biner.

Faktanya, satu survei tahun 2015 menemukan bahwa 86% responden non biner tidak mengoreksi orang yang salah mengartikannya karena "kebanyakan orang tidak mengerti, jadi mereka tidak mencoba menjelaskannya."

Perbedaan antara Nonbiner dan Transgender
Non biner atau non binary adalah istilah umum yang menggambarkan identitas gender yang tidak eksklusif laki-laki atau perempuan. Transgender mengacu pada seseorang yang tidak mengidentifikasi dengan jenis kelamin mereka yang ditetapkan saat lahir.

Misalnya, beberapa orang yang non biner atau non binary mengidentifikasi sebagai Transgender, tetapi yang lain mungkin masih mengidentifikasi dengan jenis kelamin yang ditetapkan pada saat lahir untuk mendapatkan gelar.

Studi mulai membahas konsep identitas gender non biner atau non binary secara lebih rinci, termasuk konteks sosial politiknya yang lebih luas.

Namun, beberapa ulasan masih menyoroti perlunya lebih banyak penelitian di lapangan terutama mengenai ketidaksetaraan dalam dukungan kesehatan fisik dan mental untuk orang non-biner.

Perbedaan antara Non Biner dan Interseks
Menjadi non biner atau non binary tidak sama dengan interseks. Orang yang interseks memiliki anatomi atau gen yang tidak cocok dengan jenis kelamin yang ditetapkan saat lahir biner.

Orang interseks dapat mengidentifikasi diri sebagai non-biner jika mereka memilih demikian.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mayoritas orang interseks mengidentifikasi diri sebagai pria atau wanita. Ini mungkin karena operasi "normalisasi" yang terjadi ketika orang tersebut masih bayi.

Memahami Terminologi
Banyak orang menggunakan istilah genderqueer secara bergantian dengan non biner atau non binary. Namun, orang lain mungkin membedakan antara istilah dan mengidentifikasi sebagai satu dan bukan yang lain.

Beberapa organisasi mendefinisikan istilah queer sebagai jenis ketertarikan seksual yang tidak sesuai dengan kategori lain, seperti heteroseksual, biseksual, atau homoseksual.

Namun, beberapa anggota komunitas LGBTQIA+ terutama orang dewasa yang lebih tua menganggap istilah itu menyinggung.

Orang-orang yang non biner atau non binary tetapi yang mengidentifikasi sampai batas tertentu dengan jenis kelamin tertentu dapat menggambarkan diri mereka sebagai demigender. Demigender yang berbeda meliputi:

- Demiboy
- Demigirl
- Demifluida

Ada banyak identitas gender non biner atau non binary lainnya. Ini termasuk tetapi tidak terbatas pada:

- Bigender
- Multigender
- Netral gender
- Agen
- Berjenis kelamin dua
- Cairan kelamin
- Genderqueer
- Sesama jenis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya