7 Gerakan Cegah Osteoporosis di Usia Muda, Sangat Simpel

Salabhasana Pose
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Lifestyle – Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah penurunan kualitas dan kepadatan tulang yang mengakibatkan tulang menjadi rapuh, lebih sensitif dan mudah mengalami patah tulang (fraktur). 

Kelihatan Sehat, Begini Kondisi Tukul Arwana Setelah 3 Tahun Berjuang dengan Stroke

Osteoporosis memang merupakan penyakit degeneratif atau penyakit yang risikonya semakin tinggi seiring bertambahnya usia. Namun, osteoporosis tak selalu dialami oleh orang-orang tua dan bisa terjadi di usia yang lebih muda karena sejumlah faktor risiko, terutama pada kelompok perempuan. 

Salah satunya karena kekurangan kalsium. Berikut gerakan yang bisa untuk mencegah osteoporosis dan juga bisa untuk penderita osteoporosis yang dikutip dari kanal YouTube VDVC health dipandu oleh Fitri Tasfiah.

6 Tips Kesehatan untuk Para Jemaah Haji Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci

1. Trikonasana Pose

Trikonasana Pose

Photo :
  • Tangkapan layar
Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

Gerakan osteoporosis ini bisa menggunakan alat bantu apabila memiliki cidera pada bagian tertentu. Alat bantu tersebut bisa menggunakan bantal, selimut, atau alat bantu lainnya.

Langkah pertama gerakan ini yaitu bersiap di atas matras, buka kaki selebar mungkin, kemudian buka tangannya dan luruskan. Gunakan kaki sebagai kuda-kuda. Serongkan badan ke kiri seperti meregangkan sisi tubuh bagian kanan. Kemudian tangan turunkan ke kaki sebelah kiri.

2. Warrior Two Pose

Warrior Two Pose

Photo :
  • Tangkapan layar

Gerakan selanjutnya, yaitu Warrior Two Pose. Posisi masih seperti gerakan di awal, tekuk lutut dan turunkan tangan seperti gambar di atas. Kemudian pindah gerakan ke posisi kanan dengan gerakan yang sama. Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali bagian kanan dan kiri.

3. Cobra Pose

Cobra Pose

Photo :
  • Tangkapan layar

Gerakan selanjutnya yaitu posisi tubuh tengkurap di matras. Lalu posisi tangan di samping kanan dan kiri lalu tegakkan badan seperti kobra.

4. Salabhasana Pose

Salabhasana Pose

Photo :
  • Tangkapan layar

Gerakan ini masih sama dengan cobra pose. Gerakan ini tinggal mengangkat kaki, dan badan seperti gambar berikut ini. Kamu juga bisa menggerakkan atau mengangkat kakinya saja.

5. Bag Ban Pose

Bag Ban Pose

Photo :
  • Tangkapan layar

Gerakan selanjutnya yaitu Bag Ban Pose. Angkat badan seperti gambar di atas. Kamu juga bisa mengambil alat bantu jika kesulitan dalam melakukan gerakan ini. Alat bantu ini bisa diletakkan di sangga di pinggang.

6. Tarik Menarik Kaki

Tarik Menarik Kaki

Photo :
  • Tangkapan layar

Masih dalam posisi badan terlentang, angkat kaki seperti gambar di atas. Lakukan gerakan pada kaki kiri dan kanan secara bergantian.

7. Sawasana Pose

Sawasana Pose

Photo :
  • Tangkapan layar

Gerakan terakhir yaitu posisi badan terlentang, kaki terbuka lebar posisi tangan di sebelah kanan dan kiri. Pejamkan mata, dan lakukan Teknik perdalaman napas. Kamu bisa memutar instrument musik yang menenangkan.

Demikian gerakan yang bisa mencegah osteoporosis di usia muda. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat tayangannya di kanal YouTube VDVC health. Jangan lupa subscribe kanalnya, like, komen, dan share konten ini. semoga bermanfaat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya