Satu Desa di Pariaman Berstatus Darurat KLB Demam Berdarah

Gambar Nyamuk DBD
Sumber :
  • vstory

VIVA Lifestyle – Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Sumatera Barat menetapkan status Kejadian Luar Biasa atau KLB Demam Berdarah Degue (DBD) di Desa Kampung Gadang. Hal ini menyusul adanya peningkatan dua kali lipat kasus DBD di kota itu jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Rio Arisandi bilang, dalam rentang periode Januari hingga Agustus 2022, tercatat ada 108 kasus temuan Demam Berdarah Degue di kota Pariaman.

Dirawat karena demam berdarah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rahmad
6 Tanda Kamu Terkena DBD, Kenali Gejalanya Sejak Dini agar Tidak Makin Fatal

“Status KLB dikeluarkan sejak bulan kemarin. Terjadi peningkatan jumlah kasus yang signifikan. Tahun lalu, tercatat hanya ada 69 kasus. Saat ini berdasarkan catatan sementara kita, ada 108 kasus. Masih ada yang dirawat di rumah sakit,” kata Rio Arisandi, Rabu 24 Agustus 2022.

Lebih lanjut Rio menjelaskan, seiring dengan penetapan status KLB Demam Berdarah Degue (DBD) pihaknya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan lingkungan.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Ilustrasi penyakit demam berdarah

Photo :
  • U-Report

Selain itu, masyarakat juga didorong untuk dapat ikut aktif dalam gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus.

Ada pun gerakan PSN 3M Plus itu meliputi hal-hal seperti menguras (membersihkan) bak mandi, vas bunga, tempat minum binatang peliharaan, atau tatakan dispenser.

Tak hanya itu saja, masyarakat juga harap menutup rapat tempat-tempat penampungan air dan menyingkirkan atau mendaur ulang barang bekas seperti botol plastik dan, kaleng bekas.

Ketua Srikandi PPDI, Nunun Daradjatun Donor Darah

Kasus DBD Naik, PPDI Minta Perempuan RI Ikut Donor Darah

Peringati Hari Kartini, Srikandi Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) mengajak ratusan perempuan melakukan aksi donor darah untuk kemanusiaan, di Sekolah polisi Wanit

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024