Sering Menyipitkan Mata Picu Kulit Keriput, Ini Kata Dokter

Ilustrasi Mata
Ilustrasi Mata
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Kerutan di area wajah akan terjadi seiring bertambahnya usia, termasuk bagian kulit pada mata. Tak sedikit yang akhirnya mengaitkan dengan kebiasaan menyipitkan mata yang dinilai berisiko membuat kulit lebih keriput hingga memicu penuaan dini. Bagaimana faktanya?

Dokter spesialis kulit, dr. Armansjah Dara Sjahruddin,Sp.KK, menjelaskan bahwa sejatinya kerutan terbukti kian nampak jelas seiring dengan usianya menua. Akan tetapi, memang ada sejumlah kebiasaan yang tanpa disadari dapat memicu kerutan terjadi lebih dini.

"Pada dasarnya kerutan seiring bertambah usia akan muncul. Hanya ada orang sering olahraga, pola istirahat teratur, konsumsi vitamin, konsumsi makanan perlambat ageing, bisa perlambat kerutan. Kerutan terjadi pada usia berapa, kebiasaan apa, tentu dengan orang yang pola tidur tidak sehat, misal kurang tidur," tuturnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Senin 29 Agustus 2022.

Ilustrasi wanita dengan keriput.

Ilustrasi wanita dengan keriput.

Photo :
  • Pixabay

Lebih dalam, kebiasaan buruk lainnya yang mempermudah terjadinya kerutan seperti merokok. Kandungan di dalam rokok membuat kulit wajah terdampak sehingga akan lebih kendur. Selain itu, kebiasaan yang minim gerak dan olahraga serta berat badan yang terlalu kurus.

Tak sedikit pula yang menyebut kebiasaan menyipitkan mata bisa berdampak pada munculnya kerutan. Namun rupanya, hal tersebut belum ada penelitian dan dasar studinya sehingga dokter menegaskannya sebagai hoaks.

"Kerutan ada yang statis dan dinamis. Menyipitikan mata itu dinamis. Di mana bisa berubah jadi statis maka harus sering gerakan otot wajah kita. Tapi, tidak ada korelasi sampai sekarang antara sering sipitkan mata dengan kerutan. Karena pola kerutan sudah ada pada dasarnya akan muncul juga," jelasnya.

Maka dari itu, kerutan sebenarnya tak terhindarkan namun bisa diperlambat. Dokter mengimbau agar mengenakan berbagai macam pelindung untuk mencegah keriput muncul terlalu dini mulai dari memakai topi, kacamata, payung, hingga sunblock.

"Sering olahraga di luar dan nggak pakai pelindung matahari yang baik sehingga kerutan lebih cepat muncul. Sun protector banyak nggak cuma sunblock tapi juga kacamata, payung, topi," tandasnya.