Khasiat Daun Sirsak, Turunkan Kolesterol Hingga Bantu Obati Kanker

Air Rebusan Daun Sirsak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Daun sirsak dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan kolesterol hingga menyehatkan jantung.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Pakar herbal, dr. Sri Rezeki Endang S, MSi menjelaskan, daun sirsak mengandung kalsium, natrium yang dapat membantu mengencerkan kekentalan darah sehingga otomatis lemak tidak mengendap di pembuluh darah.

Selain itu, daun sirsak juga mengandung antioksidan yang membantu menurunkan asam urat. Karenanya, daun sirsak bisa mengatasi mereka yang sering mengalami nyeri di bagian sendi.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Daun sirsak.

Photo :
  • U-Report

Daun sirsak juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Menurut dr. Sri, kandungan daun sirsak bisa melebarkan pembuluh darah serta melunturkan lemak, sehingga menyehatkan jantung. Selain itu, antioksidannya juga tinggi sehingga membuat sel tubuh bagus.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Yang tak kalah menakjubkan, daun sirih ternyata bisa membantu mengobati kanker.

"Daun sirsak ada asetogenin yang bisa membunuh sel kanker. Penelitiannya sudah dilakukan di lab kanker di Amerika. Dari 20 lab hasilnya dapat membunuh sel kanker," kata dr. Sri dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Kamis 1 September 2022.

Meski begitu, dr. Sri mengingatkan agar tetap mengonsumsi obat dari dokter karena ramuan daun sirsak hanya bersifat sebagai obat pendamping saja.

Jika dikonsumsi dengan obat dari dokter, dr. Sri menyarankan agar meminum ramuan daun sirsak 1-2 jam setelah konsumsi obat.

"Karena obat sifatnya mengobati, kalau daun sirsak ini membantu memperbaiki sel-sel yang rusak," tambah dr. Sri.

Air rebusan daun sirsak.

Photo :
  • U-Report

Cara membuat ramuan daun sirsak pun cukup mudah. Pertama-tama siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu 10 lembar daun sirsak, segenggam daun kelor, dan 3-4 buah kulit manggis.

Kemudian, siapkan air dalam wadah di atas kompor. Nyalakan api, masukkan dari bahan yang bertekstur keras yakni kulit manggis.

Didihkan kulit manggis selama 10 menit, lalu masukkan daun sirsak dan kelor. Rebus selama 15 menit.

Setelah itu, saring airnya dan tambahkan perasan air lemon serta madu untuk menambah rasa. Minuman ini bisa dikonsumsi tiga kali sehari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya