7 Manfaat Yoga Wajib Diketahui untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi olahraga yoga
Sumber :
  • Pexels

VIVA Lifestyle –  Yoga menawarkan manfaat kesehatan fisik dan mental bagi orang-orang dari segala usia. Ada segudang manfaat yoga saat kamu melakukannya, jika kamu sedang mengalami penyakit, pulih dari operasi atau hidup dengan kondisi kronis, yoga dapat menjadi bagian integral dari perawatan dan berpotensi mempercepat penyembuhan.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Seorang terapis yoga dapat bekerja dengan pasien dan menyusun rencana individual yang bekerja sama dengan terapi medis dan bedah mereka. Dengan begitu, yoga dapat mendukung proses penyembuhan dan membantu orang tersebut mengalami gejala dengan lebih terpusat dan lebih sedikit tekanan.

Yuk scroll artikelnya untuk tahu lebih detail tujuh manfaat yoga yang dilansir dari Hopkins Medicine.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

1. Meredakan Gejala Radang Sendi.

Radang sendi.

Photo :
  • U-Report
6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Yoga yang lembut telah terbukti meringankan beberapa ketidaknyamanan sendi yang bengkak dan lunak bagi penderita radang sendi, menurut tinjauan Johns Hopkins dari 11 penelitian terbaru.

2. Kesehatan Jantung.

Ilustrasi kesehatan jantung.

Photo :
  • U-Report

Latihan yoga secara teratur dapat mengurangi tingkat stres dan peradangan di seluruh tubuh, berkontribusi pada jantung yang lebih sehat. Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan, juga dapat diatasi melalui yoga.

3.Dapat Memperbaiki Suasana Hati

Emoticon suasana hati perasaan.

Photo :
  • U-Report

Jika kamu mungkin merasakan peningkatan energi mental dan fisik, peningkatan kewaspadaan dan antusiasme, dan lebih sedikit perasaan negatif setelah melakukan rutinitas berlatih yoga.

4. Dapat Mengelola Stres.

Stress

Photo :
  • vstory

Menurut National Institutes of Health, bukti ilmiah menunjukkan bahwa yoga mendukung manajemen stres, kesehatan mental, perhatian, makan sehat, penurunan berat badan, dan kualitas tidur.

5. Meningkatkan Kekuatan, Keseimbangan dan Fleksibilitas.

Ilustrasi badan berotot.

Photo :
  • U-Report

Manfaat yoga gerakan lambat dan pernapasan dalam yoga dapat meningkatkan aliran darah dan menghangatkan otot, sambil menahan pose dapat membangun kekuatan.

6. Membantu Meredakan Nyeri Punggung.

Ilustrasi nyeri punggung.

Photo :
  • U-Report

Manfaat yoga sama baiknya dengan peregangan dasar untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mobilitas pada orang dengan nyeri punggung bawah. American College of Physicians merekomendasikan yoga sebagai pengobatan lini pertama untuk nyeri punggung bawah kronis.

7. Bantu untuk Rileks dan Tidur Nyenyak

Tidur dengan nyenyak.

Photo :
  • vstory

Penelitian menunjukkan bahwa rutinitas yoga sebelum tidur yang konsisten dapat membantu kamu mendapatkan pola pikir yang benar dan mempersiapkan tubuh untuk tertidur dan tetap tertidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya