Gula Darah Turun Bisa Berbahaya, Kenali 7 Tandanya

Gula darah turun
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Gula darah adalah sumber energi utama tubuh dan mempertahankan tingkat normal sangat penting untuk kesejahteraan Anda secara keseluruhan, tetapi siapa pun yang menderita diabetes tahu bahwa gula darah biasanya turun dan ketika di bawah 70 mg/dL kemungkinan Anda mulai merasa tidak enak badan. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Meskipun ada perbaikan cepat untuk meningkatkan gula darah Anda dengan cepat, selalu disarankan untuk menemui dokter Anda dan segera mengobati masalahnya. Ketika dibiarkan tidak terkendali, gula darah rendah dapat menyebabkan komplikasi serius dan dalam kasus yang jarang terjadi bahkan kematian.

Makan Ini, dilansir dari Eat This yang berbicara dengan Bonnie Taub-Dix, RDN, pencipta Better Than Dieting dan penulis Read It Before You Eat It – membawa Anda dari abel ke tabel yang perlu diketahui tentang gula darah rendah dan tanda-tanda gula darah turun dengan cepat. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Apa yang harus diketahui tentang gula darah

Taub-Dix mengatakan kadar gula darah dapat dipengaruhi oleh banyak hal termasuk diet Anda, kebiasaan tidur, dan rutinitas olahraga Anda. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Kadar gula darah juga dapat bergantung pada apakah Anda memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes atau hipoglikemia, tetapi keduanya kondisi dapat dikontrol melalui diet, olahraga dan obat-obatan. Kadar gula darah dapat naik dan turun selama sehari, tetapi tujuannya adalah untuk menjaga agar tetap stabil dalam kisaran normal."

Kenapa gula darah bisa tiba-tiba turun

Taub-Dix menjelaskan penurunan kadar gula darah secara tiba-tiba dapat terjadi ketika Anda sudah terlalu lama tidak makan, terutama setelah Anda berolahraga. Beberapa orang juga rentan terhadap kadar gula darah rendah atau mungkin rentan terhadap gula darah rendah karena obat yang mungkin mereka pakai. 

Bagi mereka yang menderita diabetes, terlalu banyak mengonsumsi insulin juga dapat menyebabkan kadar glukosa darah menjadi tidak menentu dan turun secara berbahaya. Dalam beberapa kasus penyakit, seperti flu, mual dan muntah, saat asupan makanan dibatasi, Anda mungkin merasa pusing, pusing dan lemah akibat tidak bisa makan dengan benar dan karena itu menyebabkan gula darah rendah."

Risiko kesehatan jika gula darah turun

Serangan jantung

Photo :
  • times of india

Menurut Taub-Dix menurunnya gula darah bisa sangat berbahaya terutama jika Anda mengendarai kendaraan bermotor, mengendarai sepeda, mengoperasikan mesin atau Anda sendirian, untuk menyebutkan beberapa contoh saja. Penurunan kadar gula darah dapat menyebabkan Anda jatuh, terbentur kepala, atau melukai diri sendiri secara serius.

Taub-Dix menyarankan, apabila memperhatikan bahwa Anda memiliki kecenderungan kadar gula darah turun dan merasa pusing, pusing, lemah, lesu dan Anda kurang konsentrasi, Anda harus memeriksakan diri ke penyedia layanan kesehatan. 

"Mungkin Anda memerlukan beberapa saran diet dari ahli gizi dan Anda juga harus melakukan tes darah untuk melihat apakah Anda perlu mengambil perawatan medis lebih lanjut dengan obat-obatan.Omong-omong, beberapa orang juga terpengaruh oleh minum alkohol (terutama saat perut kosong) dan terlalu banyak mengonsumsi kafein," tuturnya.

Taub-Dix menjelaskan kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan detak jantung yang cepat atau palpitasi.

Gemetar dan berkeringat

"Ketika Anda merasa gemetar atau berkeringat, Anda perlu bertanya pada diri sendiri kapan terakhir kali Anda makan dan apa yang Anda makan," kata Taub-Dix. 

"Makanan tertentu, seperti karbohidrat sederhana, dapat dengan mudah dicerna dan diserap yang menyebabkan kadar gula darah Anda meningkat dengan cepat dan kemudian jatuh. Dengan menambahkan protein dan lemak sehat ke dalam makanan Anda dan dengan memilih karbohidrat gandum utuh yang akan terurai lebih lambat, Anda lebih mungkin untuk menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali tanpa merasa seperti sedang naik roller coaster."

Kelaparan Ekstrrm dan iritabilitas

Taub-Dix menyatakan, "Ketika perut Anda kosong, Anda tidak akan memiliki cukup bahan bakar untuk menjalankan tubuh Anda. Anda benar-benar dapat merasa seperti berbaring di tempat tidur alih-alih duduk di meja Anda. Kuncinya adalah makan makanan yang seimbang dengan trifecta bintang dari protein, karbohidrat biji-bijian dan lemak sehat untuk membantu mengenyangkan Anda dan memberi Anda nutrisi yang bekerja sama untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil."

Sakit kepala ringan dan pusing

Taub-Dix menambahkan, gula mengisi otak Anda. Terlalu banyak gula jelas dapat berdampak negatif juga, tetapi ketika Anda tidak makan atau ketika Anda tidak makan makanan dengan keseimbangan yang tepat, itu bisa menyebabkan Anda merasa pusing dan lemah."

Kecemasan

Menurut Taub-Dix beberapa tanda dan gejala gula darah rendah menyerupai tanda-tanda serangan kecemasan. Ketika seseorang mungkin merasa mulai merasa lemah atau pusing, mereka takut kadar gula darah mereka akan turun drastis. tingkat berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan serangan panik. 

"Intinya adalah Anda perlu memperhatikan gejala pribadi Anda dan mungkin membuat buku harian, termasuk buku harian makanan, untuk dapat mendeteksi pola apa pun yang berkontribusi terhadap masalah tersebut. bantuan dokter atau ahli diet dapat membantu Anda berada di jalur yang benar hanya dengan melakukan beberapa penyesuaian pada diet Anda dan dengan memberi Anda beberapa saran tentang olahraga dan kebiasaan tidur.Tes darah sederhana juga dapat memberikan banyak manfaat informasi untuk menentukan sejauh mana masalah medis Anda."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya