Ternyata, Begini Cara Penyakit Leukemia Pengaruhi Tubuh Manusia

Ilustrasi leukemia.
Sumber :
  • U-Report

VIVA LifestyleLeukemia adalah jenis kanker yang menyebabkan sumsum tulang memproduksi sel darah abnormal. Penyakit ini dapat mempengaruhi semua jenis sel darah, tetapi paling sering mempengaruhi sel darah putih yang membantu melindungi terhadap infeksi dan penyakit.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Artikel ini menguraikan berbagai cara di mana leukemia dapat mempengaruhi tubuh, serta kehidupan sehari-hari seseorang. Kami juga menjelaskan apa itu leukemia, termasuk berbagai jenisnya.

Ilustrasi leukemia.

Photo :
  • U-Report
Duel Keras Penuh Darah, Sebastian Fundora Hancurkan Rekor Tak Terkalahkan Tim Tszyu

Bagaimana leukemia mempengaruhi darah?

Leukemia menyebabkan produksi sel darah abnormal yang cepat dan signifikan, biasanya sel darah putih. Kelebihan sel darah abnormal membuat lebih sulit bagi sumsum tulang untuk memproduksi jenis sel darah penting lainnya, seperti sel darah merah dan trombosit. Kurangnya sel darah merah atau trombosit ini dapat menyebabkan nyeri tubuh dan gejala anemia atau memar dan pendarahan parah.

Geger Kamar Pengantin Keluar Cairan Mirip Darah, Keluarga Panik

Bagaimana leukemia mempengaruhi tulang?

Seseorang mungkin mengalami nyeri tulang karena sumsum tulang mereka menjadi penuh sesak oleh pertumbuhan sel kanker. Orang paling sering merasakan sakit ini di tulang panjang kaki dan lengan, atau di tulang rusuk dan tulang dada.

ilustrasi kanker tulang

Photo :
  • U-Report

Terkadang, seseorang mungkin mengalami rasa sakit karena massa sel kanker terbentuk di dekat saraf sumsum tulang belakang. Jarang, leukemia dapat melemahkan tulang hingga menyebabkan patah tulang. Ini lebih sering terjadi pada tulang yang menahan beban, seperti:

  • panggul
  • tulang belakang
  • tulang paha

Bagaimana leukemia mempengaruhi sistem kekebalan tubuh?

Ilustrasi sistem kekebalan tubuh yang buruk

Photo :
  • Pixabay/ Mojpe

WBC memainkan penting peran dalam fungsi sistem imun. Mereka bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan penyakit dalam tubuh.

Leukemia biasanya mempengaruhi sel darah putih , menyebabkan sumsum tulang menghasilkan sel darah putih abnormal yang tidak dapat melawan infeksi sebagaimana mestinya. Ini merusak sistem kekebalan tubuh, menempatkan tubuh pada peningkatan risiko terkena infeksi dan penyakit parah.

Bagaimana leukemia mempengaruhi jantung dan otot?

Ilustrasi nyeri otot.

Photo :
  • U-Report

Pada leukemia, sel kanker dapat menyusup ke pembuluh darah, menyebabkan masalah seperti penyakit jantung iskemik, yang juga disebut penyakit arteri koroner (CAD) . Di sinilah jantung tidak menerima suplai darah dan oksigen yang cukup.

Selain itu, obat-obatan tertentu yang digunakan untuk mengobati leukemia dapat meningkatkan risiko gagal jantung . Obat yang disebut anthracyclines adalah terapi standar untuk jenis leukemia akut. Jenis ini berkembang pesat, sehingga membutuhkan perawatan yang lebih agresif. Namun, menerima antrasiklin dosis tinggi dalam waktu singkat meningkatkan toksisitasnya.

Kelemahan otot adalah kondisi lain yang dapat mempengaruhi penderita leukemia. Sayangnya, itu sering menjadi salah satukontributor paling awalSumber Tepercayakualitas hidup yang buruk pada anak-anak dengan leukemia.

Bagaimana leukemia mempengaruhi sistem pencernaan?

Ilustrasi sistem pencernaan

Photo :
  • Pixabay

Beberapa bentuk leukemia dapat mempengaruhi sistem pencernaan, meskipun hal ini jarang terjadi. Misalnya, leukemia limfositik kronis mempengaruhi sistem pencernaan pada sekitar 5,7-13% kasus. Dokter menyebut ini sebagai sindrom Richter.

Lesi atau cedera leukemia dapat terbentuk di lambung, ileum, dan kolon proksimal. Kondisi ini bisa menjadi sangat serius atau mengancam nyawakarenaSumber Tepercayainfeksi, perdarahan, atau peradangan pada jaringan usus.

Leukemia dan kehidupan sehari-hari

Ilustrasi leukemia

Photo :
  • flickr

Leukemia dan pengobatannya dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang . Banyak orang dengan leukemia merasa bermanfaat untuk mencari dukungan praktis atau emosional dari kelompok pendukung. Dukungan juga dapat datang dari teman dan keluarga dan merupakan bagian integral dari peningkatan kualitas hidup seseorang.

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk menghadapi tantangan yang dapat ditimbulkan oleh leukemia.

Mengelola kelelahan

Orang dengan leukemia umumnya mengalami kelelahan ekstrem yang memengaruhi kemampuan mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara teratur. Berikut ini dapat membantu seseorang untuk mengatasinya:

  • menjadi fleksibel dengan rencana
  • menetapkan prioritas pada tugas
  • meminta bantuan
  • mengelola nutrisi
  • memperbaiki kebiasaan tidur
  • terlibat dalam aktivitas ringan, seperti berjalan atau berkebun

Mengelola risiko infeksi

Orang dengan leukemia mungkin mengalami jumlah WBC rendah yang membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi. Beberapa cara untuk membatasi risiko infeksi meliputi:

  • sering cuci dan cuci tangan
  • menghindari orang yang sedang sakit
  • menjauhi tempat keramaian

Mengelola efek samping pengobatan

Meski perlu, pengobatan leukemia bisa menimbulkan efek samping. Salah satu pengobatan utama untuk leukemia adalah kemoterapi , yang dapat menyebabkan:

  • kehilangan selera makan
  • sariawan
  • rambut rontok
  • diare
  • sembelit
  • mual dan muntah

Dokter dapat meresepkan obat untuk mencegah atau mengurangi beberapa gejala di atas, menyarankan strategi manajemen diri, atau memberikan rujukan ke dokter lain untuk mengatasi gejala dan efek samping.

Apa itu leukemia?

Leukemia adalah istilah medis untuk kanker yangmempengaruhiSumber Tepercayajaringan pembentuk darah di sumsum tulang dan sistem limfatik. Sebagian besar jenis leukemia berkembang di sel darah putih, bagian penting dari sistem kekebalan tubuh . Jenis sel darah putih antara lain:

  • granulosit
  • monosit
  • limfosit

Biasanya, sel darah putih tumbuh dan membelah secara teratur sesuai kebutuhan tubuh. Namun, pada penderita leukemia, sumsum tulang menghasilkan sel darah putih abnormal yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Jenis-jenis penyakit leukemia

Leukemia dapat bersifat akut atau kronis. Leukemia akut berkembang jauh lebih cepat daripada leukemia kronis dan membutuhkan perawatan yang lebih cepat.

Beberapa bentuk leukemia umumnya menyerang anak-anak, sedangkan bentuk lain terjadi terutama pada orang dewasa.

Jenis-jenis leukemia meliputi:

  • Leukemia limfositik akut: Jenis leukemia ini dimulai pada sel-sel pembentuk darah di dalam sumsum tulang. Dialebih umumSumber Tepercayapada anak-anak versus orang dewasa.
  • Leukemia myeloid akut : Jenis leukemia ini biasanya berkembang dari sel-sel yang berubah menjadi sel darah putih selain limfosit tetapi dapat melibatkan berbagai jenis sel pembentuk darah. Hal ini paling umum pada orang dewasa.
  • Leukemia limfositik kronis : Leukemia ini berasal dari limfosit. DiaterutamaSumber Tepercayamempengaruhi orang dewasa yang lebih tua.
  • Leukemia myeloid kronis : Leukemia ini dimulai di sel-sel sumsum tulang sebelum memasuki darah. Leukemia myeloid kronis hanya menyumbang10%Sumber Tepercayadari kasus leukemia.
  • Leukemia mielomonositik kronis: Leukemia langka ini juga dimulai pada sel-sel pembentuk darah di dalam sumsum tulang. Ini melibatkan kelebihan produksi monosit. Dialebih umumSumber Tepercayapada orang dewasa yang lebih tua.

Dari penjelasan di atas, leukemia adalah jenis kanker yang mempengaruhi sumsum tulang dan sel darah. Ini biasanya mempengaruhi sel darah putih, yang bertanggung jawab untuk melindungi terhadap infeksi dan penyakit.

Leukemia dan pengobatannya mempengaruhi banyak area tubuh, termasuk darah, tulang, jantung dan otot lainnya, dan sistem pencernaan. Leukemia juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi. Seseorang dapat mengurangi risiko infeksi dengan mengelola kebersihan dan menghindari orang yang sakit.

Orang yang hidup dengan leukemia mungkin menghadapi tantangan unik. Banyak orang mendapat manfaat dari mencari bantuan emosional dan praktis dari kelompok pendukung. Seseorang dapat meminta informasi kepada dokter atau tim medis mereka tentang kelompok pendukung di daerah mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya