5 Manfaat Kesehatan Selai Kacang yang Perlu Anda Tahu

Selai kacang.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA Lifestyle – Selai kacang adalah favorit di kalangan orang dewasa dan anak-anak. Meski enak, banyak orang bertanya-tanya tentang manfaat kesehatan dari selai kacang. Kacang tanah dan selai kacang mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung seseorang dan meningkatkan kadar gula darah.

Makan Kacang Secara Berlebihan Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan, Apa Saja?

Tergantung pada bagaimana orang menggunakan selai kacang dalam diet mereka, itu dapat membantu mereka menurunkan berat badan, atau menambah berat badan selama latihan beban atau binaraga.

Selai kacang.

Photo :
  • Pixabay/stevepb
4 Fakta Selai Kacang yang Wajib Kamu Tahu, Ternyata Cocok untuk Diet Sehat

Namun, selai kacang tinggi kalori dan lemak, jadi orang harus menikmatinya dalam jumlah sedang. Pada artikel ini, kami melihat manfaat makan selai kacang dan menjelaskan risiko yang terkait dengan mengonsumsinya.

Selai kacang menyediakan protein dalam jumlah yang baik, bersama dengan vitamin dan mineral penting, seperti magnesium , kalium , dan seng. Terutama, masing-masing2 sendok makan (sdm) . Penyajian selai kacang halus memberikan nutrisi, mineral, dan vitamin berikut:

Geger Penumpang Beli Semua Menu Kacang yang Ada di Pesawat, Alasannya?

Roti selai kacang

Photo :
  • Pixabay

Protein

Selai kacang mengandung 7,02 gram (g) protein per porsi 2 sendok makan. Ini diperhitungkan terhadaptunjangan diet yang direkomendasikan (RDA)Sumber Tepercayauntuk wanita 46 g dan 56 g untuk pria, yang bervariasi menurut usia dan tingkat aktivitas.

Magnesium

Dengan 57 miligram (mg) magnesium, setiap porsi membantu menujuRDASumber Tepercaya400-420 mg pada pria dan 310-320 pada wanita. Magnesium sangat penting untuk kesehatan, berperan dalam lebih dari 300 proses kimia dalam tubuh.

Fosfor

Setiap porsi mengandung 107 mg fosfor, yaitu sekitar 15,3 persen dari RDA 700 mg untuk orang dewasa. Fosfor membantu tubuh untuk membangun sel dan tulang yang sehat dan membantu sel untuk menghasilkan energi.

Seng

Satu porsi selai kacang menyediakan 0,85 mg seng. Ini adalah 7,7 persen daridirekomendasikanSumber Tepercayaasupan harian 11 mg untuk pria, dan 10,6 persen dari RDA 8 mg untuk wanita. Seng diperlukan untuk kekebalan, sintesis protein, dan pembentukan DNA.

Niasin

Selai kacang mengandung 4,21 mg niasin per porsi, yang memberikan kontribusi yang berguna terhadap asupan yang direkomendasikan seseorang dari 14 hingga 16 mg. Niasin bermanfaat bagi pencernaan dan fungsi saraf serta membantu menghasilkan energi.

Vitamin B-6

Dengan 0,17 g vitamin B-6 per porsi, selai kacang menyediakan hampir 14 persen kebutuhan orang dewasaRDA 1,3 mg. Vitamin B-6 berperan dalam lebih dari 100 reaksi enzim dalam tubuh dan mungkin diperlukan untuk kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh. Namun, ada juga kerugian nutrisi jika seseorang makan lebih dari jumlah selai kacang yang disarankan.

Selai kacang tinggi kalori, lemak jenuh, dan natrium. Setiap porsi mengandung 3,05 g lemak jenuh, yang merupakan 23,5 persen dari maksimum American Heart Associationasupan harian yang direkomendasikanSumber Tepercayalemak jenuh bagi mereka yang mengonsumsi 2.000 kalori per hari. Orang harus menargetkan kurang dari 13 g lemak jenuh per hari.

Ini juga mengandung 152 mg natrium, yang merupakan 10,1 persen dari orang dewasaasupan atas harian yang ideal natrium 1.500 mg.

Manfaat selai kacang untuk kesehatan

Makan selai kacang dalam jumlah sedang dan sebagai bagian dari diet sehat secara keseluruhan dapat memberikan manfaat berikut:

selai kacang

Photo :
  • Pixabay/Aldertree

1. Penurunan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan kacang tanah dan kacang-kacangan lainnya dapat membantu orang mempertahankan berat badan mereka, atau bahkan membantu menurunkan berat badan.

Ini mungkin karena kacang meningkatkan rasa kenyang, yaitu rasa kenyang, berkat kandungan protein, lemak, dan seratnya.

Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa makan kacang, termasuk kacang tanah, mengurangi risiko seseorang kelebihan berat badan atau obesitas. Studi ini membandingkan data diet dan gaya hidup untuk lebih dari 373.000 orang dari 10 negara Eropa selama 5 tahun.

Penelitian sebelumnya berdasarkan data yang dikumpulkan dari lebih dari 51.000 wanita menyarankan bahwa mereka yang makan kacang dua kali seminggu atau lebih mengalami kenaikan berat badan yang sedikit lebih sedikit selama periode 8 tahun dibandingkan wanita yang jarang makan kacang.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Selai kacang mengandung banyak nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, di antaranya:

  • asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA)
  • asam lemak tak jenuh ganda (PUFA)
  • niasin
  • magnesium
  • vitamin E

Proporsi lemak tak jenuh (PUFA dan MUFA) terhadap lemak jenuh dalam makanan memainkan peran yang sangat penting dalam kesehatan jantung. Selai kacang memiliki rasio yang mirip dengan minyak zaitun – yang juga dikenal sebagai pilihan yang menyehatkan jantung.

Asupan kacang yang tinggimungkinSumber Tepercayakaitannya dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung atau penyebab lainnya. Para peneliti merekomendasikan kacang khususnya sebagai cara yang hemat biaya untuk meningkatkan kesehatan jantung bagi sebagian orang.

Penelitian juga menunjukkan bahwa memasukkan 46 g kacang atau selai kacang per hari ke dalam rencana diet American Diabetes Association (ADA) selama 6 bulan.bisa mendapatkan keuntunganSumber Tepercayajantung, memperbaiki profil lipid darah, dan mengontrol berat badan bagi penderita diabetes .

Namun, karena selai kacang tinggi kalori, sangat penting bagi seseorang untuk membatasi asupannya jika tidak ingin menambah berat badan. Makan lebih dari jumlah yang disarankan juga akan meningkatkan asupan lemak dan natrium, yang tidak bermanfaat bagi jantung.

3. Binaraga

Selai kacang adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan kalori. Banyak binaragawan dan penggemar kebugaran memasukkan selai kacang ke dalam makanan mereka karena berbagai alasan.

Meskipun jumlah kalori akan bervariasi berdasarkan tinggi badan, tingkat aktivitas, dan tingkat metabolisme, asupan kalori harian yang disarankan berkisar antara sekitar 1.600–2.400 kalori per hari untuk wanita dan hingga 3.000 kalori per hari untuk pria. Namun, pria dewasa yang aktifharus mengkonsumsiSumber Tepercayahingga 3.000 kalori setiap hari, sementara wanita aktif membutuhkan hingga 2.400 kalori per hari.

Berkat kandungan kalorinya yang tinggi, selai kacang adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan kalori dan lemak tak jenuh. Selai kacang juga merupakan sumber protein, yang penting untuk membangun dan memperbaiki otot.

Meskipun selai kacang bukanlah protein lengkap – artinya tidak mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh – selai kacang diperhitungkan dalam asupan protein harian seseorang.

Mengoleskan selai kacang pada roti gandum membuat makanan protein lebih lengkap, karena roti mengandung asam amino metionin, yang tidak dimiliki selai kacang.

4. Mengelola kadar gula darah

Selai kacang adalah makanan yang relatif rendah karbohidrat yang mengandung lemak dan protein dalam jumlah yang baik, serta beberapa serat.

Karakteristik ini berarti bahwa selai kacang, tanpa tambahan gula, tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap kadar glukosa darah. Ini berarti itu bisa menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang menderita diabetes.

ADA merekomendasikan agar orang mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal dalam makanan mereka. Mereka menyarankan selai kacang, kacang tanah, dan minyak kacang tanah sebagai sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik.

Sebuah studi kecil tahun 2013 menunjukkan bahwa makan selai kacang atau kacang tanah untuk sarapan dapat membantu wanita dengan obesitas dan peningkatan risiko diabetes tipe 2 untuk mengelola kadar glukosa darah mereka.

Menurut survei, wanita yang menambahkan kacang untuk sarapan mereka memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan melaporkan lebih sedikit rasa lapar dibandingkan dengan wanita yang makan sarapan yang mengandung jumlah karbohidrat yang sama tetapi tanpa kacang.

Selai kacang adalah sumber magnesium yang baik, yang merupakan nutrisi penting bagi penderita diabetes. Periode terus menerus gula darah tinggi dapat mengurangi kadar magnesium dalam tubuh. Kadar magnesium yang rendah terkait dengan pradiabetes dan diabetes tipe 2.

5. Mengurangi risiko penyakit payudara

Makan selai kacang, terutama sejak usia muda, dapat mengurangi risiko penyakit payudara jinak (BBD), yang meningkatkan risiko kanker payudara .

Sebuah belajar dalam jurnal Breast Cancer Research and Treatment , melaporkan bahwa makan selai kacang dan kacang-kacangan pada usia berapa pun dapat menurunkan risiko mengembangkan BDD pada usia 30 tahun.

Para peneliti memeriksa data untuk lebih dari 9.000 siswi di Amerika. Jenis kacang-kacangan lainnya, seperti kacang-kacangan dan kedelai, bersama dengan lemak nabati dan kacang-kacangan lainnya, juga dapat menawarkan perlindungan dari BBD.

Bahkan mereka yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara memiliki risiko yang jauh lebih rendah jika mereka makan selai kacang dan makanan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya