4 Fakta Selai Kacang yang Wajib Kamu Tahu, Ternyata Cocok untuk Diet Sehat

Selai kacang.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA – Makanan sehat adalah karena nilai gizinya dan apakah makanan tersebut memiliki keseimbangan makro dan mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. Selai kacang dinilai menjadi salah satu makanan paling sehat untuk dimasukkan ke dalam menu diet.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Dikutip dari situs mensxp, sekitar dua sendok makan selai kacang memiliki sekitar 190 kalori. Ini termasuk 2 gram serat, 8 gram karbohidrat, 16 gram lemak, dan 7 gram protein. Ini juga sangat kaya akan vitamin B6, B3, folat dan magnesium. Berikut kami sajikan lima fakta menarik tentang selai kacang, dan bagaimana cara menikmatinya untuk menu diet sehat.

Fakta Selai Kacang

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Selai kacang

Photo :
  • Eat This

1. Apakah Selai Kacang Membantu Menurunkan Berat Badan?

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Penelitian awal menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan dan selai kacang dapat membantu menurunkan berat badan, asalkan bisa menjaga defisit kalori secara keseluruhan.

Selai kacang meningkatkan rasa kenyang, berkat kandungan protein dan seratnya yang tinggi. Hal ini dapat mencegah kudapan dan membantu mendisiplinkan diri sendiri.

Namun karena kandungan lemaknya yang tinggi, pastikan untuk tidak memadukan selai kacang dengan makanan tinggi lemak lainnya untuk mendapatkan makanan seimbang secara keseluruhan.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Alasan lain mengapa selai kacang dianggap menyehatkan adalah karena kandungan lemaknya yang tinggi. Ya, beberapa lemak buruk bagi jantung, tetapi beberapa lainnya seperti lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal baik untuk jantung. Lemak sehat ini membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Peningkatan Otot Tanpa Lemak

Selai kacang merupakan makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein. Artinya, ini adalah suatu keharusan dalam diet jika ingin mendapatkan otot tanpa lemak adalah tujuan utama. Diet tinggi protein membantu menumbuhkan massa otot dan memperbaiki jaringan yang rusak selama angkat beban, dua komponen terpenting dalam pembentukan tubuh.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi siapa pun yang berjuang menurunkan berat badan, menjaga kadar gula darah yang sehat juga sama pentingnya. Hal ini karena obesitas berhubungan langsung dengan peningkatan risiko diabetes. Selai kacang adalah salah satu makanan tersehat dalam hal ini karena tidak memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah.

Bagaimana Cara Makan Selai Kacang?

Roti selai kacang

Photo :
  • Pixabay

Selai kacang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya sebanyak yang kamu mau. Berikut beberapa tips cara mengonsumsi selai kacang yang sehat:

- Pastikan untuk memperhatikan sisa pola makan dan mencatat kalori yang kamu konsumsi sepanjang hari.
- Konsumsi selai kacang dengan buah-buahan atau sebagai saus salad untuk mengurangi kalori makanan secara keseluruhan.
- Tambahkan selai kacang ke dalam smoothies sarapan agar lebih mengenyangkan dan bergizi.
- Sertakan selai kacang dalam oatmeal atau roti panggang untuk sarapan yang kaya energi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya