4 Kebiasaan Ngemil Terbaik yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Pria ngemil wartel
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestylle – Apabila Anda memiliki kolesterol tinggi, membuat perubahan gaya hidup dapat menjadi bagian penting untuk mengelolanya. Itu mungkin termasuk berolahraga lebih teratur, memilih minuman yang lebih sehat, atau mengubah pola makan. 

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Jika Anda memperhatikan apa yang dimakan, ini bukan hanya soal menghindari makanan yang buruk bagi kolesterol, tetapi juga merangkul makanan yang berpotensi membantu menurunkannya.

Dikutip dari laman Eat This, Kimberly Snodgrass, RDN, LD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, menjelaskan mengenai kebiasaan ngemil terbaik yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

1. Taruh alpukat di atas roti gandum utuh

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

"Alpukat adalah buah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang membantu menurunkan kolesterol LDL atau 'kolesterol jahat'," jelas Snodgrass.

Snodgrass lebih lanjut menjelaskan bahwa itu adalah pilihan yang bagus karena roti gandum utuh mengandung biji-bijian yang memiliki serat larut. "Serat larut dapat mengikat kolesterol di usus dan mengeluarkannya dari tubuh," kata Snodgrass.

2. Tambahkan minyak zaitun dan kayu manis ke oatmeal 

Minyak zaitun dan oatmeal mungkin tidak terdengar seperti pasangan yang cocok, tetapi Anda akan terkejut melihat seberapa baik kombinasi ini bekerja bersama.

Mirip dengan roti gandum utuh, Snodgrass mengatakan bahwa oatmeal mengandung serat larut—sekali lagi, membantu mengikat kolesterol di usus dan mengeluarkannya dari tubuh. 

Dan, menurut Klinik Cleveland, makan sekitar satu setengah cangkir oatmeal yang dimasak setiap hari berpotensi menurunkan kolesterol sebesar 5 hingga 8 persen.

"Minyak zaitun dapat meningkatkan profil lipid dengan menurunkan LDL ('kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL ('kolesterol baik')," kata Snodgrass.

Kayu manis, sementara itu, dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan kolesterol total pada mereka yang menderita diabetes tipe 2, dan yang lebih penting, dapat menambah rasa yang enak.

3. Buat smoothie dengan sayuran, buah beri, biji chia

Kombinasi ini memiliki semua nutrisi yang lezat dan dapat membantu kadar kolesterol Anda.

"Sayuran dan beri mengandung serat larut, dan sekali lagi, dapat mengikat kolesterol di usus dan mengeluarkannya dari tubuh," kata Snodgrass.

Salah satu sayuran yang bekerja sangat baik dalam smoothie dan dapat membantu menurunkan kolesterol adalah bayam. Buah beri juga mengandung antioksidan yang bagus untuk melindungi kolesterol LDL dari oksidasi dalam tubuh.

"Tambahkan biji chia dan biji rami ke dalam campuran," kata Snodgrass. "Keduanya mengandung serat untuk membantu menurunkan kolesterol dengan menurunkan jumlah kolesterol LDL yang diserap ke dalam aliran darah Anda."

Biji chia adalah salah satu sumber serat makanan utuh yang paling dikenal, dan karena itu, biji chia sangat bagus untuk memberikan kolesterol LDL yang lebih rendah, menurut Klinik Cleveland.

Selanjutnya, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition & Metabolism (London) Journal, serat biji rami juga membantu menurunkan kolesterol.

4. Celupkan wortel ke dalam hummus

Menurut Snodgrass, wortel, seperti sayuran lainnya, penuh dengan serat larut. Dan seperti yang kita ketahui sekarang, usus tidak menyerap serat larut.

Saat Anda perlu menambahkan rasa ekstra pada wortel Anda, Snodgrass merekomendasikan untuk mencelupkannya ke dalam hummus.

"Hummus terbuat dari buncis. Buncis adalah kacang polong, yang merupakan sayuran," kata Snodgrass. Hummus telah terbukti menurunkan kolesterol karena mengandung serat larut.

Jika Anda mencari camilan tengah hari yang lezat, hummus dan wortel adalah pilihan yang tepat. Untuk sayuran celup lainnya, Anda tidak bisa salah dengan seledri, brokoli, kembang kol, dan banyak lagi. 

Bayangkan jenis piring sayuran yang mungkin Anda lihat di sebuah pesta, dan cobalah untuk menirunya untuk kombinasi sayuran dan hummus yang unggul

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya