Ilmuwan Kembangkan Tes yang Lebih Akurat untuk Deteksi Kanker Serviks

Ilustrasi vagina
Sumber :
  • Pixabay/LJNovaScotia

VIVA Lifestyle – Para ilmuwan telah mengembangkan tes yang lebih akurat untuk perubahan sel yang dapat menyebabkan kanker serviks.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Tes revolusioner ini juga dapat mengambil penanda DNA untuk beberapa kanker umum lainnya, yang berarti bahwa di masa depan dapat digunakan sebagai tes prediksi untuk kanker payudara, rahim, serviks dan ovarium.

Melansir The Guardian, para ilmuwan di balik tes sebelumnya telah menunjukkan bahwa dengan menggunakan sel-sel serviks dari tes smear rutin, mereka mungkin dapat menemukan kanker ovarium dan payudara atau memprediksi kemungkinan kanker akan berkembang.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Kanker Serviks.

Photo :
  • U-Report

Sekarang, tim ahli telah mengungkapkan bahwa ketika diuji untuk kanker serviks, tes baru berkinerja lebih baik daripada metode yang digunakan saat ini untuk mengidentifikasi wanita dengan perubahan sel lanjut yang membutuhkan perawatan.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Bagi mereka yang tidak mengalami perubahan sel tetapi memiliki virus papiloma manusia (HPV), yang menyebabkan sebagian besar kasus kanker serviks, terdeteksi 55% dari mereka yang akan mengalami perubahan sel dalam empat tahun ke depan. Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Genome Medicine.

“Metode baru ini lebih spesifik dan tidak mengarah pada pengobatan berlebihan, yang merupakan kabar baik untuk pencegahan kanker serviks dan kabar baik bagi semua orang yang perlu diskrining,” kata Athena Lamnisos, kepala eksekutif badan amal Eve Appeal.

Ilustrasi kanker serviks.

Photo :
  • U-Report

“Sangat menyenangkan melihat alat skrining dan tes prediktif menjadi lebih efektif. Kami ingin mencegah kanker, dan kami tahu dengan kanker serviks bahwa kami dapat melakukan intervensi pada tahap awal.” ujarnya. 

Ada sekitar 3.200 kasus baru kanker serviks setiap tahun di Inggris dan sekitar 850 kematian. Setengah dari wanita dengan penyakit ini bertahan hidup selama 10 tahun atau lebih.

Dalam studi terbaru mereka, para ahli yang dipimpin oleh University of Innsbruck dan UCL melihat metilasi DNA, yang bertindak sebagai lapisan informasi tambahan di atas DNA.

DNA berisi semua gen yang diwarisi orang dari kedua orang tuanya, sedangkan metilasi DNA memberi tahu sel bagian mana dari DNA yang harus dibaca.

Faktor-faktor seperti merokok, polusi, pola makan yang buruk dan kelebihan berat badan dapat mengubah penanda ini dan mengubah cara sel berperilaku. Dengan melihat lebih dekat pada metilasi DNA, para ilmuwan berpikir mereka dapat mendeteksi kanker dan mungkin memprediksi risiko seseorang terkena kanker di masa depan.

Ilustrasi kanker serviks.

Photo :
  • U-Report

Studi baru termasuk 1.254 sampel skrining serviks dari wanita dengan perubahan sel mulai dari risiko rendah hingga tinggi, wanita dengan HPV tetapi tidak ada perubahan sel serviks, dan sampel dari wanita tanpa perubahan sel serviks yang kemudian mengembangkan perubahan sel berisiko tinggi dalam empat tahun. bertahun-tahun.

Prof Martin Widschwendter, dari departemen kanker wanita UCL, mengatakan: “Vaksinasi terhadap virus penyebab kanker serviks sekarang banyak diterapkan dan mengarah pada perubahan jumlah dan jenis virus yang beredar di masyarakat. Pada gilirannya, pendekatan kami untuk skrining serviks harus beradaptasi sehingga program terus memberikan manfaat," ungkap Martin.

“Membangun program skrining baru, holistik, prediktif risiko di sekitar pengumpulan sampel serviks yang ada dan efektif menawarkan potensi nyata untuk pencegahan kanker di masa depan.” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya