Pertamedika IHC Beri Edukasi Pertolongan Pertama Gawat Darurat ke 400 Ojol

Pelatihan pertolongan pertama gawat darurat.
Sumber :
  • Ist.

VIVA Lifestyle – Sebagai bentuk apresiasi terhadap stakeholders pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 PT Pertamina Bina Medika - Indonesia Healthcare Corporation (IHC), sebanyak 400 mitra ojek online (ojol) secara serentak memperoleh pelatihan pertolongan pertama (first aid) pada kegawatdaruratan. Kegiatan ini diselenggarakan pada Jumat 21 Oktober 2022, di 16 rumah sakit yang tergabung dalam Pertamedika IHC Group. 

Imbas Gempa Garut, Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

Direktur Medis Pertamedika IHC dr. Asep Saepul Rohmat, Sp. PD, KGEH, FINASIM mengungkapkan, apresiasi ini diberikan kepada ojek online seiring dengan perannya bagi kebutuhan transportasi masyarakat, termasuk sebagai salah satu armada yang juga digunakan oleh pelanggan Pertamedika IHC menuju ke rumah sakit, klinik dan layanan Pertamedika IHC lainnya. Scroll untuk informasi selengkapnya.

"Selain itu, ojek online juga sehari-hari berada di jalan sehingga memiliki tingkat risiko tinggi terhadap kedaruratan, baik untuk dirinya sendiri maupun masyarakat yang berada di sekitarnya. Sehingga edukasi semacam ini diharapkan menjadi kompetensi dasar saat sewaktu-waktu mitra ojol berada dalam keadaan darurat," ujar dr Asep, di sela kegiatan edukasi di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta. 

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Pada kegiatan edukasi teori pertolongan pertama pada kegawatdaruratan ini, mitra ojol memperoleh teori dasar mengenai kondisi gawat darurat serta simulasi pelatihan penanganan trauma, pembidaian, dan bantuan hidup dasar. Setelah sesi edukasi, mitra ojol melakukan tes kompetensi untuk memastikan kecakapan yang diperolehnya dari program ini. 

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

"Mitra Ojol yang lulus dalam tes akan mendapat kartu bukti partisipasi kegiatan ini," jelas dr Asep. 

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 11 rumah sakit anak perusahaan dan 5 rumah sakit unit usaha Pertamedika IHC, yakni: 

RS Pusat Pertamina Jakarta
RS Pertamina Jaya Jakarta
RS Pelni Jakarta
RS Pelabuhan Jakarta (PT RS Pelabuhan)
RS Krakatau Medika Cilegon (PT RSKM)
RS Pertamina Balongan 
RS Pertamina Tarakan
RS Pertamina Prabumulih
RS PHC Surabaya (PT PHC)
RS Perkebunan Jember  Klinik Jember (PT NMU)
RS Gatoel  mojokerto (PT NMU)
RS Toeloengredjo Kediri ( PT NMU)
RS Medika Utama Blitar ( PT NMU)
RS Lavalette Malang (PT NSM)
RS Bhakti Timah PAngkal Pinang (PT Bhakti Timah Medika)
RS Kaliwates Jember (PT Rolas Nusantara Medika)

Pertamedika IHC merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang layanan kesehatan. Perusahaan juga merupakan induk usaha rumah sakit BUMN, di mana saat ini menaungi 75 rumah sakit serta 143 klinik kesehatan di seluruh Indonesia. 

Dengan jangkauan kesehatan terbesar ini, Pertamedika IHC berkomitmen untuk hadir memenuhi kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia dan mendukung ketahanan kesehatan nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya