Olahraga Simpel Ini Ampuh Cegah Patah Tulang dan Osteoporosis

Ilustrasi Osteoporosis
Sumber :
  • healthshots

VIVA Lifestyle – Momentum Hari Osteoporosis setiap tanggal 20 Oktober, dijadikan tolak ukur sebagai rangkaian pencegahan osteoporosis bagi masyarakat melalui pola hidup sehat seimbang dan diiringi olahraga yang teratur. 

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Osteoporosis dikenal sebagai penyakit pada usia lanjut, tapi tindakan pencegahan sudah harus dilakukan sejak dini. Penyakit ini disebabkan oleh menurunnya kemampuan tubuh dalam meregenerasi tulang sehingga kepadatannya berkurang. Penurunan kemampuan regenerasi ini biasanya akan dimulai saat seseorang memasuki usia 35 tahun. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Dokter Spesialis Bedah Orthopedi dan Traumatologi dari Siloam Hospitals Mampang, dr. Henry Suhendra SpOT(K)., menyampaikan berkurangnya kepadatan atau komposisi tulang berdampak pada tulang menjadi keropos (osteoporosis) yang sangat berhubungan dengan jaringan otot dan tulang dari asupan nutrisi, vitamin D dan olahraga.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

"Osteoporosis dikenal sebagai penyakit pada usia lanjut, tapi tindakan pencegahan sudah harus dilakukan sejak dini. Oleh karena itu, pada saat usia belasan tahun perlu diperhatikan sejumlah hal yang dapat membangun tulang dengan maksimal, yaitu olahraga teratur dan terukur, terutama Strength Training untuk membangun otot," ungkap dr. Henry, dalam sesi edukasi memperingati Hari Osteoporosis Internasional, yang digelar Siloam Hospitals Mampang, baru-baru ini. 

Osteoporosis

Photo :
  • Freepik: brgfx
Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Dikatakan dokter Henry, peakbone mass, yaitu puncak massa tulang 90 persen dicapai pada usia 19 tahun, sisanya 10 persen akan dipenuhi di usia 30 hingga 35 tahun. 

Juga perlu diperhatikan gizi atau nutrisi yang baik, terutama mencukupi kebutuhan protein harian, vitamin dan mineral yang optimal, terutama kadar vitamin D di dalam darah yang optimal.

"Adapun bagi yang sudah berusia di atas 40 tahun sangat sangat dianjurkan untuk tetap strength training guna melawan Sarcopenia, yang akan berujung pada osteoporosis," paparnya. 

Direktur Siloam Hospitals Mampang, dr. Hery Bertus MARS, menambahkan, selain yang dipaparkan dokter Henry, senam juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah osteoporosis. 

"Senam osteoporosis merupakan gabungan beberapa latihan dengan berbagai manfaat seperti aerobic low impact yang berguna untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru, weight bearing exercise guna meningkatkan kepadatan tulang, resistensi untuk meningkatkan kekuatan otot dan kepadatan tulang," terang dia. 

Ilustrasi olahraga

Photo :
  • U-Report

Selain itu menurut dokter Bertus, bagi penderita osteoporosis, olahraga senam juga membantu meningkatkan keseimbangan tubuh. Dengan begitu, risiko patah tulang karena jatuh pun bisa dikurangi.

"Kegiatan senam ini akan menjadi kegiatan rutin yang difasilitasi oleh Siloam Hospitals Mampang sebagai bentuk aksi nyata kepedulian akan peningkatan kesehatan masyarakat sekitar Siloam Mampang," tutup dr. Hery Bertus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya