Ternyata Ada Hubungan Antara Diabetes dan Demensia, Ini Penjelasannya

Seorang pria mengecek gula darah diabetes
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Diabetes telah menjadi penyebab dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke otak. Sekarang dengan meningkatnya populasi diabetes di seluruh dunia, beberapa studi kohort yang sedang berlangsung telah menghubungkannya dengan onset dini demensia

Bukan Jadi Penyanyi Dangdut, Cita-cita Jirayut Ternyata Mendambakan Pekerjaan Ini

Sebuah studi tahun 2021 oleh Epidemiology of Aging and Neurodegenerative Diseases, Université de Paris, Prancis melihat hubungan antara usia seseorang saat awal diabetes dan perkembangan demensia. Studi menyimpulkan tingkat demensia yang tinggi pada mereka yang menderita diabetes, demikian dilansir dari Times of India. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Penderita diabetes yang lebih muda berisiko terkena demensia

Buka Festival Permainan dan Olahraga Tradisional Jabar 2024, Herman: Asah Intuisi Anak

Ilustrasi demensia

Photo :
  • Times of India

Rahul Singh, Kepala Spesialis Medis di Care4Parents, mengatakan, demensia yang lazim pada populasi yang menua adalah pendahulu penyakit neurodegeneratif. 

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

"Populasi diabetes usia muda memiliki kemungkinan demensia lebih tinggi secara sederhana jika Anda didiagnosis menderita diabetes pada usia 30 tahun Anda akan memiliki peluang lebih tinggi untuk timbulnya demensia dini dibandingkan dengan orang yang didiagnosis diabetes pada usia 50 tahun.”

Jargon klinis hipoglikemia didefinisikan sebagai kadar gula rendah yang dapat merusak pusat memori otak. Kesehatan jantung dan kesehatan otak saling terkait. Diabetes yang tidak terkontrol meningkatkan risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh stroke yang dapat menyebabkan demensia. 

Beberapa dokter menyebut penyakit Alzheimer sebagai Diabetes Tipe 3. Fitur molekuler dan seluler dari kedua penyakit ini memiliki kesamaan yang mencolok. Resistensi insulin dalam tubuh menyebabkan Diabetes. Otak resisten insulin menyebabkan plak amiloid penyakit Alzheimer.

Cara terbaik untuk mencegah demensia akibat diabetes?

Cara terbaik untuk mengalahkan demensia bagi pasien diabetes adalah dengan mengontrol kadar glukosa. Menjaga tab pada kadar glukosa Anda sangat penting. Parameter emasnya adalah menjaga Hba1c Anda di 6,5. Dalam kisaran, BMI, tekanan darah, dan kolesterol adalah angka yang harus diwaspadai pada demensia juga.

Dapatkah olahraga membantu?

Jogging

Photo :

Aktivitas fisik 7500 langkah per hari sangat membantu menjaga kadar glukosa yang sehat dalam tubuh. Anda juga dapat melakukan latihan aerobik selama 30 menit untuk menjaga gula darah Anda tetap terkendali. Mempertahankan BMI yang sehat dan berolahraga setiap hari selama minimal 5 hari seminggu dapat menunjukkan hasil yang signifikan.

Dalam praktik endokrinologi, dokter mengamati pasien yang mengunjungi dokter dengan pemeriksaan darah rutin lebih sehat daripada mereka yang melewatkan janji temu dan makan dengan pola makan yang buruk. Kustomisasi ilmiah dari diet dengan bantuan ahli gizi sangat membantu dalam mengelola diabetes.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya